Hari Ini Tidak Ada Penerbangan Sipil dari dan ke Sugapa

0
943

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Hari ini, Rabu 28 Oktober tidak ada penerbangan sipil ke Intan Jaya dengan tujuan Bandar Udara Bilorai yang berada di distrik Sugapa. Pelarangan pesawat terbang dari dan ke Intan Jaya dikeluarkan pada 27 Oktober 2021 malam melalui sebuah surat yang beredar di sosial media.

Tindakan serupa pernah diberlakukan di Puncak Papua. Dua hari setelah Kabinda Papua ditembak mati, jalur penerbangan sipil ke Ilaga ditutup satu hari. Apa yang terjadi di Intan Jaya juga sama. Bedanya, dalam kasus Puncak Papua, UPBU mengeluarkan surat berdasarkan permintaan dari TNI.

Sedangkan di Intan Jaya, informasi yang dikeluarkan Kepala UPBU Bandar Udara Bilorai tidak menjelaskan detail. Berikut isi suratnya:

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

Assalammualaikum Wr. wb.
Kami sampaikan kepada semua operator tujuan sugapa untuk rencana terbang tanggal 28 Oktober 2021.
Besok Bandar Udara Bilorai Kami Tutup. Tidak ada pelayanan untuk penerbangan reguler mau pun perintis kecuali emergency flight.
Pelayanan operasional normal akan kami sampaikan lebih lanjut melihat perkembangan situasi keamanan di wilayah terbang Sugapa Intan Jaya.

Demikian kami sampaikan agar pihak kemanan lebih fokus menangani situasi di sugapa sehingga tidak terbagi konsentrasi nya ke bandara.

ads

Mengetahui +62 822-4849-**** dan +62 811-4834-***.

Redaksi Suara Papua telah konfirmasi dua nomor yang tertera dalam informasi tersebut. Salah satu orang mengakui bahwa informasi itu benar. Dia bilang bahwa memang untuk sementara ini penerbangan ke Bilorai ditutup sampai ada kepastian keamanan.

Baca Juga:  Kemenparekraf Ajak Seluruh Pelaku Usaha Kreatif di Indonesia Ikut AKI 2024

“Benar pak, terkait situasi keamanan di Intan Jaya untuk sementara operasional bandara ditutup untuk 2 hari kedepan sambil kita koordinasi dan pantau sikon Intan Jaya,” katanya menjawab pesan singkat yang dikirim redaksi suarapapua.com pada Selasa (28/10/2021).

Sementara itu, Kepala UPBU Bandara Bilorai tidak menjawab secara spesifik saat dikonfirmasi. Dia juga tidak menjawab pertanyaan yang diajukan Suara Papua. Namun dia mengatakan bahwa dirinya sedang ada rapat dengan Komisi III DPR RI di Jakarta.

Baca Juga:  Upaya Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Jaga Pasokan BBM Saat Lebaran

Dari informasi yang dikumpulkan Suara Papua di Sugapa, memang pada hari ini tidak ada penerbangan. Beberapa orang yang mau berangkat ke Nabire dan Timika terpaksa menunda keberangkatan karena tidak ada pesawat yang mendarat di bandara Bilorai.

Untuk kondisi keamanannya sendiri, antara jam 12.00 siang hingga hampir pukul 13.00 siang tadi sempat terjadi kontak tembak antara gerilyawan TPNPB dan aparat di sekitar (Jogasiga hingga Danetagipa) Polsek Sugapa.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaStadion Mandala Jayapura Jadi Tempat Opening Ceremony Peparnas
Artikel berikutnyaDua Anak Jadi Korban, KontraS Kecam Kontak Senjata di Intan Jaya