Tanah PapuaMeepagoJenazah Tokoh Papua Tom Beanal Akan Dimakamkan Sabtu 3 Juni 2023

Jenazah Tokoh Papua Tom Beanal Akan Dimakamkan Sabtu 3 Juni 2023

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tom Beanal, Tokoh Papua yang merupakan Ketua Presidium Dewan Papua (PDP) pada 2002 yang meninggal pada 29 Mei 2023 itu direncanakan akan dimakamkan di area pemakaman milik keluarga yang terletak di jalan Agimuga, Mile 32 Timika pada 3 Juni 2023.

Pemakaman akan dilakukan setelah misa requiem di Gereja Katedral Tiga Raja Timika.

Baca Juga:  Pemuda Adat Tekankan Cakada Harus Memihak Masyarakat

Tom meninggal dunia di Rumah Sakit Mount Elisabeth Singapura pada, Senin (29/5/2023), tepat pukul 16.35 waktu Papua.

Tom merupakan putra terbaik Papua dari Suku Amungme, Kabupaten Mimika, PapuaTengah. Tom juga merupakan kepala suku besar Suku Amungme, dan Komisaris PT Freeport Indonesia tahun 2000-2023. Ia meninggal di usia 76 tahun.

Jenazah Tom Beanal tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada, Kamis 1 Juni 2023.

Baca Juga:  Datangi MRP PBD, Cipayung: Cagub dan Cawagub Wajib OAP!
Keluarga dan sanak-saudara yang melayat. (Supplied for SP)

Jenazahnya diberangkatkan dari Singapura ke Mimika menggunakan pesawat carter oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), mengingat Tom Beanal merupakan Komisaris PT. Freeport pada 2000 sampai 2018.

Ketika tiba di Timika, disambut ratusan masyarakat yang hanya bisa menunggu di luar hanggar di bawah guyuran hujan deras.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Tambrauw Bersama Masyarakat Terima Satgas 762 di Fef

0
“Ini merupakan buntut dari penyelesaian masalah di tahun 2021 yang tidak diselesaikan dengan baik. Pertama, mereka minta dua oknum pelaku yang dilaporkan di POM sudah sampai man. Kedua, ganti rugi dari tempat tinggal di bawah ini, status tanah apakah sudah hibah milik pemerintah atau masih milik masyarakat, makanya mereka palang,” bebernya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.