Puskesmas Talambo Mulai Dibangun, Pemkab Yahukimo Diapresiasi

0
720

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Masyarakat di distrik Talambo, kabupaten Yahukimo, provinsi Papua Pegunungan, mengapresiasi pemerintah kabupaten (Pemkab) Yahukimo atas kebijakan membangun gedung Puskesmas untuk masyarakat berobat.

Hal itu disampaikan Sepanus Wisal, intelektual dan perwakilan warga desa Lelambo dan Lelambo 2, kepada suarapapua.com melalui telepon seluler dari Yahukimo, Minggu (20/8/2023) sore.

“Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah kabupaten Yahukimo yang mana melalui Dinas Kesehatan pada tahun ini [2023] mulai bangun gedung Puskesmas. Dengan adanya bangunan itu akan membantu masyarakat yang sakit,” tuturnya.

Sepanus mengapresiasi semua pihak yang berkontribusi demi layanan kesehatan di distrik Talambo, terutama bupati dan wakil bupati, kepala Dinas Kesehatan, serta pejabat pembuat komitmen (PPK).

Baca Juga:  Dewan Adat dan Intelektual Moi Mendukung Kepemimpinan Silas Ongge Kalami

“Saya perwakilan masyarakat Talambo menyampaikan banyak terima kasih kepada mereka semua. Kami menilai ini hal yang baik dan positif. Kiranya perhatian bapak bupati ini jadi ladang amal baik bagi beliau. Saya akan terus mendoakan agar beliau semakin sukses dan tetap dalam lindungan Allah,” ucapnya.

ads

Selama proses pembangunan, masyarakat di distrik Talambo menurutnya akan turut membantu sekaligus mengawal tukang bangunan agar kerja dengan aman.

“Kami sudah sepakat, semua tukang akan kami jamin keamanan dan keselamatan mereka. Supaya pembangunan terlaksana dengan baik agar nantinya kami bisa berobat dan sembuh,” kata Sepanus.

Wisal juga memastikan lokasi untuk bangun Puskesmas tidak masalah karena sudah disepakati semua pihak.

Baca Juga:  Semua Pihak di Intan Jaya Sepakat Tolak Eksploitasi Blok Wabu dan Hentikan Pembangunan Patung Yesus

“Tempat pembangunan kami sudah bersepakat bersama pemerintah, sembilan kepala kampung dan pihak gereja. Harapan kami, bulan Desember selesai dibangun dan langsung resmikan,” imbuh Wisal.

Sementara itu, Korneles Yando, ketua pengawasan pembangunan Puskesmas Talambo memprediksi, setelah sudah mulai dikerjakan, akan selesai pada Desember mendatang jika tidak ada kendala.

“Kebijakan pembangunan infrastruktur ini sangat bagus. Jadi, saya hara untuk kita sama-sama kawal sampai gedungnya selesai sesuai dengan waktu yang kita harapkan,” kata Yando.

Di gedung Puskesmas yang sedang dibangun itu, jelas Yando, akan ada sejumlah ruangan untuk pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

“Akan ada ruang IGD, ruang bersalin dan ruang pasca persalinan. Terus, ruang poli umum, poli gigi, dan ruang farmasi. Rencana setelah selesai bangun, Puskesmas langsung diaktifkan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” lanjutnya.

Baca Juga:  Freeport Bersihkan Dampak Longsor, Gereja Banti Dua Kembali Aktif

Yando berharap, mulai awal 2024, pelayanan kesehatan sudah bisa diefektifkan dari Puskesmas baru.

Menurutnya, ini bukti perhatian pemerintah yang sangat luar biasa karena masyarakat setempat memang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima.

“Terima kasih bapak bupati dan jajarannya. Selama bangun gedung Puskesmas ini, masyarakat di distrik Talambo harus sama-sama kawal,” harap Korneles.

Distrik Talambo merupakan satu dari 45 distrik di kabupaten Yahukimo. Distrik Talambo terdapat sembilan kampung, yakni: Lelambo, Lelambo 2, Tibul, Kikila, Bari, Wubri, Paleromon, Palukae, dan Lulum. []

Artikel sebelumnyaDelegasi Indonesia Walk Out dari Sidang KTT MSG ke-22 di Vanuatu
Artikel berikutnyaSekelompok “Bayaran” Adang Massa Aksi APMS