ADVERTORIALIntan Jaya BangkitMenyekolahkan Puluhan Anak Intan Jaya, Pj Bupati Teken MoU dengan SAI Bogor

Menyekolahkan Puluhan Anak Intan Jaya, Pj Bupati Teken MoU dengan SAI Bogor

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Apolos Bagau, ST, Penjabat Bupati Intan Jaya, sejak awal kemepimpinannya berkomitmen kuat untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Intan Jaya, Papua Tengah. Salah satu caranya dengan memberikan beasiswa bagi putra-putri Intan Jaya belajar di sekolah-sekolah unggulan.

Komitmen itu diperkuat dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Sekolah Anak Indonesia (SAI) Bogor, Jawa Barat.

Usai teken MoU dengan pengurus Yayasan Alirena dan pengelola SAI, Rabu (6/12/2023), Pj Bupati Intan Jaya mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari upaya menyiapkan SDM Intan Jaya 10 – 20 tahun mendatang.

Baca Juga:  BNPB RI Tiba di Intan Jaya Tinjau Korban Bencana Alam

“Kami melakukan kerja sama ini bagian dari menyiapkan SDM Intan Jaya 10 sampai 20 tahun yang akan datang. Oleh karena itu, diharapkan agar bupati Intan Jaya definitif siapapun yang akan terpilih nanti harus dapat melanjutkan kerja sama bidang pendidikan ini,” ujarnya.

Apolos Bagau menegaskan, upaya mempersiapkan generasi Intan Jaya melalui pendidikan adalah hal yang harus dilakukan kalau mau Intan Jaya berubah ke arah yang lebih maju.

“Saya melihat pentingnya pendidikan karena melalui sekolah bisa merubah dunianya dan alamnya, dan melalui sekolah merubah karakter orang, dan menjadi calon pemimpin yang hebat serta takut akan Tuhan,” ujar Bagau.

Baca Juga:  Hilangkan Rasa Takut, Pj Bupati dan Rombongan Jalan Kaki di Sekitar Kota Sugapa
Anak-anak Intan Jaya yang dibiayai penuh pemerintah daerah saat menyalami Pj bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST. (Supplied for SP)

Diketahui, komitmen Pj Bupati Intan Jaya dalam menyiapkan generasi Intan Jaya melalui pendidikan dengan mengirimkan siswa-siswi dari Intan Jaya belajar ke luar daerah terutama ke SAI Bogor, dimulai saat awal memimpin kabupaten Intan Jaya.

Mantan kepala Dinas Pendidikan Intan Jaya dan Dinas Pendidikan provinsi Papua Tengah itu, pada 18 Februari 2023 lalu telah memberangkatkan 10 siswa SD untuk belajar di SAI Bogor.

Setelah mengirim anak-anak Intan Jaya belajar di SAI, pada 1 Maret 2023, Apolos Bagau mendatangi langsung tempat anak-anak Intan Jaya belajar. Di sana, ia melihat dari dekat kondisi anak-anak Intan Jaya dengan segala dinamikanya.

Baca Juga:  Masyarakat Sampaikan Harapan Mereka Saat Pj Bupati Intan Jaya Gelar Jalan Kaki di Sugapa

Program pengiriman anak-anak Intan Jaya ke SAI bertahap. Disusul tahap berikut pada 23 Juli 2023 sebanyak 31 murid dari berbagai distrik di kabupaten Intan Jaya.

Sebelum dan sesuah melakukan penandatanganan MoU, Pj Bupati meluangkan waktu untuk bertemu dengan anak-anak Intan Jaya di SAI Bogor.

Pj Bupati Intan Jaya Apolos Bagau, ST, saat disalami anak-anak Intan Jaya di Sekolah Anak Indonesia (SAI) Bogor saat kunjungan sebelumnya beberapa bulan lalu. (Supplied for SP)

Hingga kini tercatat 47 anak asal Intan Jaya yang sedang bersekolah di SAI. Baik SD, SMP maupun SMA.

SAI Bogor merupakan sekolah berpola asrama yang ada di bawah naungan Yayasan Arilena. Kerja sama di bidang pendidikan dengan Pemkab Intan Jaya dimulai sejak tahun 2023. [*/Adv]

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

0
“Hampir setiap hari babi-babi mati akibat terpapar virus ASF, sehingga kandangnya harus disterilkan untuk mencegah penularan lebih lanjut. Vaksinnya memang belum ada. Jadi, upaya memutus mata rantai penyebaran virus ASF di kabupaten Mimika harus terus dilakukan. Dan, itu yang kami dorong kepada para peternak agar harus berperan aktif,” kata drh. Sabelina Fitriani.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.