PartnersPengering Vanili Dengan Tenaga Surya Akan Menguntungkan Petani di Sepik

Pengering Vanili Dengan Tenaga Surya Akan Menguntungkan Petani di Sepik

Editor :
Elisa Sekenyap

 JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) percaya bahwa industri vanili di wilayah Sepik, Papua Nugini akan mengalami terobosan baru, dengan diperkenalkannya pengering tenaga surya untuk vanili.

Sebagaimana dilaporkan RNZ Pacific, FAO, bekerja sama dengan Uni Eropa melalui Program EU-STREIT PNG, mengatakan bahwa inisiatif ini akan merevolusi proses produksi vanili, dan memberikan manfaat kepada lebih dari 1.000 rumah tangga pedesaan di wilayah Sepik.

Pengering tenaga surya yang tersebar di 9 lokasi pusat di Sepik, digunakan untuk meningkatkan proses pengeringan biji vanili.

Baca Juga:  PM Marape Diminta Mengundurkan Diri Seiring Pengunduran Diri Sejumlah Anggota Parlemen Setelah Kerusuhan

Teknologi ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memastikan keseragaman kualitas biji vanili – sebuah faktor penting untuk vanili kelas premium yang sangat dicari di pasar internasional.

Pengering tenaga surya secara signifikan mengurangi waktu pengeringan sekaligus mempertahankan ukuran, aroma, dan warna biji vanili yang seragam.

Setiap pengering tenaga surya dapat mengeringkan sepuluh kilogram biji vanili setiap tujuh hari.

Prototipe pengering ini dikembangkan melalui kolaborasi dengan Pusat TVET Yawasoro di Provinsi Sepik Timur dan bengkel logam swasta di Wewak, yang melibatkan siswa dan teknisi lokal.

Baca Juga:  Hilda Heine Dilantik Sebagai Presiden Kepulauan Marshall

Seorang pemimpin Kelompok Usaha Perempuan Kunai Oasis dari Desa Tuonumbu, Distrik Yangoru-Saussia, Nancy Fale, mengatakan bahwa biji kopi yang diproses dengan alat pengering ini memiliki tingkat penyusutan yang luar biasa, bau yang harum, dan warna yang konsisten.

“Pengering tenaga surya ini memberikan kami biji kakao berkualitas tinggi yang biasanya tidak kami lihat sebelumnya. Biji kakao menyusut dengan sangat baik dan tetap mempertahankan ukurannya; baunya sangat enak dan warnanya seragam,” jelasnya.

Baca Juga:  ANZ Mengantisipasi Pertumbuhan Populasi Fiji Seiring Melambatnya Migrasi Ke Luar Negeri

Pengenalan pengering menempatkan industri vanili PNG di jalur yang tepat untuk memenuhi tuntutan kualitas yang ketat dari pasar global.

Peningkatan efisiensi dan kontrol kualitas yang disediakan oleh teknologi ini tidak hanya meningkatkan pendapatan petani lokal tetapi juga memperkuat daya saing negara tersebut di pasar vanili internasional.

Program EU-STREIT PNG juga memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dalam budidaya vanili, pemeliharaan, dan teknik pengolahan, serta peralatan dan perlengkapan penting.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Tanda Kehormatan Kepada Jenderal Terduga Penjahat Kemanusiaan

0
Presiden untuk membatalkan rencana pemberian pangkat kehormatan terhadap Prabowo Subianto yang diduga terlibat dalam kasus penculikan dan penghilangan orang secara paksa tahun 1997-1998;

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.