PartnersManasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Kandidat perdana menteri pertama telah diumumkan di Kepulauan Solomon dan bukan Manasseh Sogavare.

Orang yang dimaksud adalah Jeremiah Manele, anggota parlemen untuk daerah pemilihan Hograno/Kia/Havulei di Provinsi Isabel, yang menjabat sebagai menteri luar negeri pada pemerintahan sebelumnya.

Pencalonan Manele diumumkan oleh caretaker perdana menteri Sogavare dalam sebuah konferensi pers di Honiara pada Senin malam.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Sogavare menyatakan bahwa ia tidak ikut bertarung kali ini, dengan mengatakan bahwa ini adalah keputusan kolektif.

Ia mengatakan bahwa ia merasa “sangat terhormat” dapat menyerahkan jabatannya kepada seorang pemimpin yang sangat berkemampuan.

“Jeremiah Manele bukanlah orang asing,” kata Sogavare.

“Manele adalah seorang pegawai negeri yang berkarir dan naik melalui jajaran pelayanan publik dan pernah menjadi sekretaris perdana menteri sebelum menjabat sebagai perdana menteri.”

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

“Dia terakhir memegang posisi senior sebagai menteri luar negeri dan perdagangan luar negeri di pemerintahan terakhir. Dia telah dipersiapkan untuk posisi ini,” kata Sogavare.

Dalam menerima pencalonan tersebut, Manele menyerukan persatuan dan mengatakan bahwa stabilitas adalah kunci untuk mengubah Kepulauan Solomon.

“Saya mampu dan bersedia memikul tanggung jawab yang luar biasa ini dalam memimpin bangsa kita ke depan,” katanya.

Baca Juga:  FIFA Akan Mempromosikan Hubungan 'non-partisan, non-politik' Antara Fiji dan Indonesia

“Saya sangat menyadari tantangan yang ada dan saya tahu bahwa terkadang hal ini dapat menjadi beban dan kesepian; namun saya yakin bahwa saya terhibur dengan kebijakan yang baik yang kami miliki dan solidaritas dalam koalisi kami.”

Jika Manele berhasil terpilih, ia akan menjadi perdana menteri pertama dari Provinsi Isabel.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Penangkapan AN di Enarotali Diklarifikasi, TPNPB: Dia Warga Sipil!

0
"Anand Nawipa atau Andarias Nawipa yang ditangkap itu bukan anggota TPNPB. Saya sudah cek semuanya sampai di markas paling bawah. Dia warga sipil. Pemuda biasa. Dia bukan anggota TPNPB. Jadi, ada bilang dia pelaku itu militer kolonial rekayasa semuanya, hoaks itu," ujar Mathius Gobay, panglima Kodap XIII Kegapa Nipouda Paniai, mengklarifikasi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.