Juan Eduardo Esnaider, mantan pemain Real Madrid dan Juventus, kini bakal datang ke Indonesia untuk menjadi pelatih PSBS Biak mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2024/2025. (Dok. Media Officer PSBS)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Badai Pasifik, julukan tim PSBS Biak, dalam mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2024/2025, bakal ditangani pelatih berkelas yang juga mantan pemain Real Madrid dan Juventus.

Siapa pelatih baru PSBS Biak?

Yan Permenas Mandenas, manajer tim PSBS, memastikan skuat Napi Bongkar akan dibesut pelatih anyar asal Argentina.

“Sudah kami pastikan, Juan Esnaider adalah pelatih PSBS Biak. Dia pelatih berpengalaman. Kami yakin pelatih kepala yang baru ini akan berkontribusi buat tim Badai Pasifik tetap eksis di kompetisi Liga 1 nanti,” kata Mandenas menjawab Suara Papua, Senin (13/5/2024) siang.

Mendatangkan pelatih anyar bagian dari persiapan tim Badai Pasifik sebagai pendatang baru di Liga 1 menyongsong digulirnya kompetisi musim depan. Karena itu, Mandenas bersama manajemen PSBS Biak sepakat rekrut pelatih baru untuk menukangi skuat PSBS di Liga 1.

ads
Baca Juga:  Waligi FC Juarai Turnamen Festival Rumput Mei di Jayawijaya

Pelatih Juan Esnaider menurut Mandenas direkrut dengan durasi kerja sama selama dua tahun.

“Ya, kita sudah sepakat untuk masa kontraknya sebagai pelatih PSBS selama dua musim kompetisi hingga tahun 2026,” kata anggota DPR RI itu.

Mandenas mengungkapkan alasan pihaknya memilih mendatangkan pelatih asal Argentina. Kata dia, hal itu tentunya berdasarkan berbagai pertimbangan manajemen PSBS.

Selain berpengalaman sebagai pemain di Eropa, kata Yan, pelatih kelahiran 5 Maret 1973 itu juga punya prestasi bagus saat melatih sejumlah tim sepak bola di Eropa dan Asia.

“Pengalaman dan prestasinya kami nilai sangat baik, sehingga kami sepakat dia pelatih PSBS musim depan,” jelasnya.

Mantan stiker Timnas Argentina 1995-1997 itu direncanakan tiba di Indonesia pada akhir Mei 2024. Setelah tiba di Jakarta, Juan Esnaider menurut Mandenas akan diperkenalkan ke publik sebagai pelatih terbaru PSBS di kompetisi Liga 1 musim 2024/2025.

Baca Juga:  Derby Papua Tengah Imbang, Siap Tutup Joker di Match Ketiga

“Kami jadwalkan dia akan tiba akhir bulan ini. Semoga saja tidak ada kendala supaya setelah kita perkenalkan ke publik langsung masuk dengan program persiapan tim,” imbuh Mandenas.

Dari penelusuran di beberapa sumber resmi, Juan Eduardo Esnaider tercatat sebagai pelatih berlisensi Pro UEFA. Ia sebelumnya pernah menjadi pelatih kepala Getafe, salah satu kontestan Liga Spanyol pada musim 2016. Juga, Real Zaragoza B dan Cordoba. Setelah masa kontrak berakhir, ia lebih banyak menghabiskan waktunya di Jepang.

Sejumlah klub di Liga Jepang pernah dilatihnya. Tahun 2017 menjadi pelatih kepala JEF United Chiba, klub Liga 2 Jepang. Lalu, pada musim 2023 menangani Renofa Yamaguchi FC, klub Liga 2 Jepang.

Baca Juga:  Bekuk Labura Hebat FC, Persipani Tatap Laga Derby Papua Tengah

Semasa menjadi pemain, Juan Esnaider memiliki segudang pengalaman membela sejumlah klub besar di Eropa.

Selain Real Madrid selama beberapa musim (1991-1997), di Liga Spanyol, ia pernah bermain di klub besar lainnya. Antara lain Atletico Madrid, Real Zaragoza, dan Espanyol.

Esnaider juga sempat mencicipi kompetisi sepakbola Italia, yakni tahun 1999-2001 bermain untuk Juventus dan FC Porto.

Yan Permenas Mandenas yang juga politisi Gerindra yakin dengan nama besarnya itu diharapkan sang pelatih dapat mengangkat pamor sekaligus membawa PSBS Biak bersaing dengan klub-klub ternama lainnya di kompetisi Liga 1.

Diketahui, PSBS Biak promosi ke Liga 1 musim depan bersama Semen Padang dan Malut United. []

Artikel sebelumnyaBREAKING NEWS: 10 Kantor OPD di Kabupaten Sorong Dipalang
Artikel berikutnyaPembagian Paket Tidak Transparan Bagi Pengusaha Asli Papua