Logo Liga 3 Indonesia.
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kompetisi Liga 3 2023/2024 Putaran Nasional berlangsung sengit di masing-masing grup, setidaknya hingga babak 32 besar yang telah tuntas dilakoni dengan hasil 16 tim dinyatakan lolos ke babak 16 besar.

Dari 16 tim yang lolos dari 8 grup, baik sebagai peringkat pertama maupun kedua, dipastikan melaju ke fase berikutnya. Babak 16 besar dijadwalkan berlangsung pada 19-24 Mei 2024.

Pembagian grup, jadwal pertandingan dan venue pun telah dilakukan pada Jumat (17/5/2024). Fase ini akan digulirkan mulai hari Minggu (19/5/2024).

Setiap tim yang memastikan berlaga di babak 16 besar tentu saja semuanya sedang membidik enam tiket untuk bisa lolos promosi ke Liga 2 musim 2024/2025.

Berdasarkan klasemen akhir babak 32 besar, telah diketahui tim mana saja wakil dari 8 grup yang bakal berjibaku di fase penentuan.

ads

Adapun 16 tim yang akan berlaga di babak berikut, yakni:

Baca Juga:  Manajemen PSBS Biak Kontrak Pelatih Anyar Mantan Pemain Real Madrid

Grup 1:

1. Persikota Tangerang (7)

2. Tornado FC (5)

Grup 2:

1. Persipasi Bekasi (7)

2. Persikas Subang (6)

Grup 3:

1. Dejan FC (7)

2. PSGC Ciamis (5)

Grup 4:

1. Waanal Brothers FC (7)

2. Persipani Paniai (7)

Grup 5:

1. Persiku Kudus (6)

2. Persiba Bantul (5)

Grup 6:

1. 757 Kepri Jaya (6)

2. PSM Madiun (6)

Grup 7:

1. Persibo Bojonegoro (7)

2. Adhyaksa Farmel (7)

Grup 8:

1. Persekabpas Pasuruan (5)

2. NZR Sumbersari Malang (3)

Rebut Dua Tiket

16 tim ini akan berebut tiket menuju babak delapan besar untuk penentuan enam tim promosi ke Liga 2 musim depan. Artinya, karena kuota hanya enam tim, otomatis dua lainnya bakal terlempar berdasarkan grafik klasemen akhir nanti.

Baca Juga:  Juara Grup F, Persipani Paniai Laju ke Babak 32 Besar

Menariknya, dari 16 tim itu beberapa diantaranya klub besar yang sebelumnya pernah berkompetisi di kasta kedua sepak bola Indonesia. Sebut saja, Persikota Tangerang, Persibo Bojonegoro, Persiku Kudus, PSGC Ciamis, PSM Madiun, Persekabpas Pasuruan, dan Persiba Bantul. Di musim ini mereka kembali membuka peluang untuk kembali ke kompetisi yang sama.

PSSI sebelumnya menyampaikan penjelasan mengenai skema pertandingan, untuk babak 16 besar juga tetap diberlakukan sistem home tournament setengah kompetisi. Nantinya hanya juara dan runner up masing-masing grup berhak lolos ke babak 8 besar.

Grup Neraka

Dari drawing atau undian pembagian grup babak 16 besar diketahui Persipani Paniai tergabung di Grup C bersama Tornado FC, Persipasi Bekasi, dan Dejan FC. Venue stadion Sultan Agung Bantul.

Sedangkan Waanal Brothers FC berada di Grup A bersama PSM Madiun, Persibo Bojonegoro, dan Persikas Subang. Venue stadion Letjen H Soedirman Bojonegoro.

Baca Juga:  Waligi FC Juarai Turnamen Festival Rumput Mei di Jayawijaya

Grup B antara lain NZR Sumbersari, Persekabpas Pasuruan, Persiku Kudus, dan PSGC Ciamis. Venue stadion mini Cibinong Bogor.

Sementara grup D yakni Persiba Bantul, Adhyaksa Farmel FC, Persikota Tangerang, dan 757 Kepri Jaya FC. Venue stadion Benteng Tangerang.

Persipani dan WBFC, dua wakil Papua, masuk di grup neraka. Sebab, lawan-lawannya tergolong tangguh. Apalagi penampilan mereka sejak babak 80 besar hingga 32 besar putaran Nasional sangat luar biasa.

Karena itulah dapat diprediksi Persipani dan WBFC akan menjalani pertandingan dalam tensi tinggi untuk mempersembahkan yang terbaik. Kedua kesebelasan dari provinsi Papua Tengah itu bahkan sudah nyatakan siap ladeni ketangguhan tim lawan.

Wajib “bungkus” semua pertandingan di babak 16 besar demi menggapai target lolos ke Liga 2 juga telah diikrarkan. []

Artikel sebelumnyaDewan Gereja Pasifik Minta Dukungan Doa dan Solidaritas Rakyat Kanak Hadapi Tangan Besi Prancis
Artikel berikutnyaPusaka Launching Buku Laporan Advokasi Gelek Malak Kalawilis Pasa