PasifikPasukan Prancis Gelar 'Operasi Besar' Guna Membuka Jalur Ke Ibu Kota Kaledonia...

Pasukan Prancis Gelar ‘Operasi Besar’ Guna Membuka Jalur Ke Ibu Kota Kaledonia yang Sedang Bergolak

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pasukan Prancis melancarkan “operasi besar” pada hari Minggu untuk mendapatkan kembali kendali atas jalan yang menghubungkan ibukota Kaledonia Baru, Noumea, dengan bandara internasional utama, setelah malam keenam kerusuhan yang diwarnai kekerasan.

Sebagaimana dilansir dari Frence24, para pejabat mengatakan lebih dari 600 polisi bersenjata lengkap dikirim untuk mengamankan Route Territoriale 1, jalan utama yang menghubungkan ibu kota yang bergolak dengan hubungan udara ke luar Kaledonia.

Selain itu, rencana kirab obor Olimpiade yang akan melewati wilayah Prancis dibatalkan pada hari Sabtu.

Obor Api itu telah dijadwalkan untuk tiba pada 11 Juni, namun Menteri Olahraga Prancis Amélie Oudea-Castera mengatakan bahwa “prioritas harus diberikan pada kembalinya ketenangan” di wilayah tersebut.

“Saya pikir semua orang memahami, mengingat konteksnya, bahwa prioritasnya adalah mengkonsolidasikan kembalinya ketertiban umum, dan kemudian menenangkan diri.”

“Prioritas untuk keselamatan warga, prioritas untuk kembali ke ketenangan, dan prioritas untuk perbaikan situasi politik,” katanya.

Menurut pihak berwenang, sebanyak Enam orang telah tewas dan ratusan lainnya luka-luka sejak kerusuhan dimulai pada hari Senin.

Baca Juga:  Aliansi LSM Pasifik Mengutuk Prancis Atas 'Pengkhianatan Terhadap Penduduk Kanaky'

Kekerasan tersebut dipicu oleh pemilihan suara bulat di parlemen Prancis yang memilih meleburkan hak pemilih bagi rakyat Kanak ditiadakan dan tentu penentangan keberadaan Prancis di daerah Kepualaun itu.

Jam malam, keadaan darurat, larangan TikTok dan kedatangan ratusan tentara dari daratan Prancis gagal mencegah kerusuhan yang terjadi pada Sabtu dan Minggu.

Menurut kantor komisaris tinggi Kaledonia Baru, Kelompok tak dikenal melakukan dua kali pembakaran dan menyerbu sebuah pom bensin.

Namun pihak berwenang bersikeras bahwa situasi telah membaik.

“Malam ini sudah lebih tenang,” kata kantor komisioner.

Media lokal melaporkan sebuah perpustakaan umum termasuk di antara bangunan yang terbakar.

Kantor walikota mengatakan kepada AFP bahwa “tidak ada cara untuk mengonfirmasi untuk saat ini” karena “lingkungan tersebut masih belum dapat diakses”.

Wisatawan terjebak

Selama hampir seminggu, para pengunjuk rasa membakar kendaraan, toko-toko, lokasi-lokasi industri dan gedung-gedung publik, sementara pasukan pro-kemerdekaan memblokir akses ke Bandara Internasional Tontouta.

Sebuah kelompok bisnis lokal memperkirakan kerugian yang terkonsentrasi di sekitar Noumea mencapai lebih dari 200 juta euro ($200 juta).

Baca Juga:  Mantan PM Fiji Frank Bainimarama Dipenjara
Polisi Prancis di Kaledonia Baru. (Screen Frence24 – SP)

Wartawan AFP berusaha mencapai bandara pada hari Minggu namun dihentikan oleh kelompok-kelompok yang memblokir akses di beberapa lokasi.

Penerbangan dari dan ke pulau utama Kaledonia Baru telah dibatalkan sejak kerusuhan dimulai, membuat sekitar 3.200 wisatawan terdampar dan memutus jalur perdagangan.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin mengatakan “operasi besar-besaran yang melibatkan lebih dari 600 polisi” sedang diluncurkan “yang bertujuan untuk sepenuhnya mendapatkan kembali kendali atas jalan utama sepanjang 60 kilometer” dan memungkinkan bandara dibuka kembali.

Rute Teritorial 1 dengan satu jalur menghubungkan bandara dan melintasi perbukitan dan pegunungan yang lebat dan tertutup semak belukar yang mengingatkan penjelajah Inggris, James Cook, akan Skotlandia dan memberi nama kepulauan itu dengan nama yang sekarang.

Australia dan Selandia Baru termasuk di antara negara-negara yang menunggu sampai Paris aman untuk mengirimkan pesawat guna mengevakuasi turis yang terjebak.

Di Wellington, Menteri Luar Negeri Winston Peters mengatakan pada hari Minggu bahwa Pasukan Pertahanan Selandia Baru telah “menyelesaikan persiapan membawa pulang warga Selandia Baru di Kaledonia Baru sementara layanan komersial tidak beroperasi”.

Baca Juga:  Manasseh Sogavare Mengundurkan Diri Dari Pencalonan Perdana Menteri

Turis Australia Maxwell Winchester dan istrinya Tiffany dijadwalkan meninggalkan Noumea pada hari Selasa.

Namun, dia mengatakan kepada AFP, mereka telah dibarikade di dalam sebuah resor di tengah-tengah kota dan bandara, dengan persediaan yang semakin menipis.

“Mereka pada dasarnya membakar setiap pintu keluar di jalan tol dan semua jalan yang dapat Anda gunakan untuk pergi ke mana saja. Jadi, di mana pun Anda berada, Anda diblokade,” katanya.

“Kami hampir kehabisan makanan,” katanya, seraya menambahkan bahwa dengan supermarket yang tidak dapat diakses atau dibakar, “staf resor pada dasarnya menggunakan sumber-sumber pasar gelap untuk mendapatkan sesuatu”.

“Setiap malam kami harus tidur dengan satu mata terbuka, setiap ada suara berisik kami khawatir mereka akan datang untuk menjarah kami,” katanya.

“Pagi ini di pintu keluar dekat sini, gendarmerie yang kami lalui dan terjadi baku tembak.”

Sumber: Frence24 & AFP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Datangi MRP PBD, Mama-mama Papua Tuntut Bangun Pasar Khusus OAP

0
Bangun pasar modern Rufei tanpa koordinasi. Bawa pasar dari kota ke pojok hutan. Bangun tanpa koordinasi. Waktu penggusuran bawa aparat turun, bawa senjata. Kami hanya bawa daun kasbi dan petatas. Pemimpin harus datang dengan rendah hati, bukan pake cara kekerasan. Kami 300-an pedagang mama-mama Papua minta Otsus double ini bangun pasar khusus bagi mama-mama Papua,” ujar mama Levina Dwith.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.