Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sentani rayakan hari HUT ke-1 KNPB sektor Wenyana Yeik, Sabtu (1/6/2024) di Sentani. (Dok. KNPB)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Sentani menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-1 KNPB sektor Wenyana Yeik, Sabtu (1/6/2024).

Kegiatan dilaksanakan dengan mengusung tema “Pembebasan nasional akan terjadi ketika rakyat Papua sadar, terpimpin berorganisir” dengan sub tema “Sukseskan Mogok Sipil Nasional (MSN) menuju hak penentuan nasip sendiri”.

Perayaan tersebut diisi dengan materi dan sambutan dari sejumlah pihak.

Materi mengenai pengenalan organisasi dibeberkan juru bicara (jubir) KNPB Sentani.

Baca Juga:  Mahasiswa Papua di Sulut Akan Gelar Aksi Damai Peringati Hari Aneksasi

Sambutan pertama dari Nasman Malo, ketua sektor Wenyana Yeik, menjelaskan hadirnya basis organisasi KNPB di Sentani merupakan satu kebutuhan menyikapi aspirasi rakyat bangsa Papua.

ads

Nasman minta di bagian yang belum aktif menjadi sektor pergerakan KNPB Sentani segera diaktifkan agar berjuang bersama-sama.

“Tugas utama mengajak rakyat Papua dalam rangka mewujudkan hak penentuan nasip sendiri,” ujarnya.

Sambutan pada perayaan HUT ke-1 KNPB sektor Wenyana Yeik, Sabtu (1/6/2024) di Sentani. (Dok. KNPB)

Sambutan berikut mewakili badan pengurus KNPB Sentani, Nhofis Esema sampaikan selama satu tahun sektor Wenyana Yeik telah berdiri memimpin sekaligus mengajak rakyat di basis mengorganisir diri menuju MSN.

Baca Juga:  Dukung Kanaky Bebas Dari Prancis, KNPB Gelar Aksi di Jayapura

“Pada hari ini di ulang tahun sektor Wenyana Yeik yang pertama menjadi pelajaran untuk bangun kekuatan basis KNPB di Sentani,” ujar Esema.

Zet Enn, ketua umum KNPB wilayah Pegunungan Bintang yang juga ikut dalam kegiatan sebagai anggota diplomasi KNPB Sentani sebelumnya menyampaikan, sesuai rapat kerja wilayah (Rakerwil) KNPB Sentani, bagaimana untuk bangun basis, maka pada hari ini telah dibentuk lengkap dengan struktur sektor dan basis.

Baca Juga:  Senin Pekan Depan KNPB Ajak Rakyat Papua Gelar Aksi Solidaritas untuk Kanaky

“Ini sudah bagus. Saya ajak tetap bertahan dan berjuang lawan kolonialisme dan kapitalisme Indonesia di West Papua,” ujar Zet.

Diakhiri dengan foto bersama, Badan Pengurus KNPB wilayah Sentani mengucapkan selamat memperingati HUT ke-1 sektor/basis Wenyana Yeik.

“Sebagai media rakyat, KNPB tetap eksis dengan perjuangan murni bangsa Papua,” tegas Agus Bahabol, ketua KNPB wilayah Sentani. []

Artikel sebelumnyaSemua Warga PBD Diajak Jaga Lingkungan Bebas Sampah
Artikel berikutnyaOtsus Papua Berlaku Juga di Kabupaten/Kota, Gobai: Perjuangan MRP Sudah Tepat!