Selebrasi para lemain Timnas Belanda dalam laga perdana Euro 2024 kontra Polandia, Minggu (16/6/2024). Tim De Oranje menang 2-1 atas Polandia. (Dok. FIFA)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Memang bukan pemain Timnas Indonesia. Melainkan pemain berdarah Indonesia yang mencatatkan sejarah tampil di ajang bergengsi: Euro 2024. Meneruskan kiprah Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten Timnas Belanda di Piala Dunia 2010, keturunan Ambon. Artinya, tentu saja mereka warga negara lain, bukan warga negara Indonesia (WNI).

Ya, saat ini mata dunia sedang tertuju ke Euro 2024 atau Piala Eropa. Gelaran bergengsi itu bahkan lagi ramai diperbincangkan para pecinta sepak bola tanah air.

Bukan tanpa sebab. Kompetisi elit dunia yang kembali digelar edisi ke-17 di Jerman itu rupanya menjadi momen tersendiri bagi pemain keturunan Indonesia tampil di Euro 2024.

Di kompetisi yang lazim digelar empat tahun sekali itu memperlihatkan warna berbeda, setidaknya dengan hadirnya pemain keturunan Indonesia membela negaranya.

Tercatat tiga pemain berdarah Indonesia kini membela Timnas Belanda. Ketiganya memiliki kualitas top, karenanya coach Ronald Koeman memanggilnya bergabung untuk bermain di Piala Eropa.

ads

Siapa tiga pemain itu? Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, diketahui ketiga pemuda ganteng itu memiliki garis keturunan Indonesia. Yakni, Tijjani Reijnders, Virgil van Dijk, dan Ian Maatsen.

1. Tijjani Reijnders

Tijjani Reijnders lahir di Zwolle, Belanda, 29 Juli 1998. Tercatat sebagai pemain AC Milan yang direkrut sejak 19 Juli 2023 lalu. Durasi kontraknya hingga 30 Juni 2028 mendatang. Artinya, masih empat tahun untuk berkibar bersama klub raksasa Italia.

Baca Juga:  Freeport Grassroot Tournament 2024 di Jayapura Diikuti 10 Klub
Tijjani Reijnders, pemain Timnas Belanda. (Ist)

Jauh sebelum itu, tepat Februari 2022 lalu, ia sempat diupayakan PSSI untuk mendapatkan paspor Indonesia agar memperkuat Timnas Indonesia. Namun gagal.

Kini, Tijjani Reijnders menjadi satu dari tiga pemain keturunan Indonesia yang masuk dalam skuad utama Timnas Belanda di Euro 2024.

Dari garis silsilahnya, Tijjani Reijnders memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan nenek dari dari ibunya, yakni Etus Lekatompessy dan Mimi Lekatompessy.

Pasangan suami istri itu berasal dari Latuhalat Nusaniwe, Ambon. Mereka hijrah ke Belanda pada tahun 1960-an, dan memiliki anak salah satunya bernama Angelina Lekatompessy yang merupakan ibu kandung dari Tijjani Reijnders.

Di skuat Timnas De Oranje, Tijjani melakoni debutnya bersama tim senior pada 7 September 2023. Kini telah mencatatkan 10 caps dengan mencetak 1 gol.

Tijjani masih punya adik kandung yang juga pesepakbola bernama Eliano Reijnders. Saat ini Eliano bermain untuk tim PEC Zwolle di Eredivisie.

2. Virgil van Dijk

Pemain yang satu ini jarang diketahui kalau ia memiliki garis keturunan Indonesia.

Virgil van Dijk, pemain Timnas Belanda. (Ist)

Lahir di Breda, Belanda, 8 Juli 1991, Virgil van Dijk merupakan kapten tim Liverpool. Pemilik nomor punggung 4 itu berposisi bek tengah, dan tercatat sebagai salah satu bek terbaik dunia saat ini.

Baca Juga:  Waligi FC Juarai Turnamen Festival Rumput Mei di Jayawijaya

Virgil memiliki keturunan Indonesia dari neneknya, seorang perempuan asal Maluku yang menikah dengan pria Suriname dan kemudian memiliki anak bernama Hellen Chin Fo Sieeuw, ibu kandung dari Virgil van Dijk.

Di skuat Timnas Belanda, Virgil melakoni debut seniornya pada 10 Oktober 2015. Sejauh ini telah mencatatkan 69 caps dengan berkontribusi 9 gol.

Keikutsertaannya dalam Euro 2024 merupakan debut pertamanya dalam ajang yang digelar empat tahun sekali itu.

Pada Euro 2016, Virgil van Dijk tidak ikut serta karena kala itu Belanda tak lolos dalam babak kualifikasi. Sedangkan pada Euro 2020, Virgil tak bisa bermain lantaran didera cedera hingga memaksanya menepi dari lapangan hijau.

Didaulat mengenakan ban kapten Timnas Belanda, pemain dengan postur tubuh tinggi hampir mencapai 2 meter itu tercatat sebagai pemain bintang dunia.

3. Ian Maatsen

Pemain keturunan Indonesia yang ketiga di skuat De Oranje adalah Ian Maatsen.

Ian Maatsen, pemain Timnas Belanda. (Ist)

Pemain muda kelahiran 10 Maret 2002 itu sejatinya salah satu nama dari grade A yang sempat masuk radar PSSI untuk dinaturalisasi agar membela Timnas Indonesia. Meski akhirnya gagal, karena setelah daftar skuat Belanda diumumkan coach Koeman, nasib berkata lain.

Ian Maatsen memiliki darah Indonesia dari ibunya yang merupakan seorang perempuan asal Suriname yang memiliki darah Jawa dari kedua orang tuanya.

Baca Juga:  Askab PSSI Lanny Jaya Bakal Selenggarakan Turnamen Sepak Bola di Tiom

Jalan sejarah pemain ganteng ini tak dinyana, karena ia dipanggil bergabung Timnas Belanda mengisi slot yang ditinggalkan Frenkie de Jong lantaran cedera serius saat latihan pemantapan.

Panggilan mendadak itu membuat pemain Borussia Dortmund pinjaman dari Chelsea itu dianggap sebagai salah satu andalan skuat De Oranje di Euro 2024.

Hanya memang Ian Maatsen tak pernah membela Timnas senior Belanda, kecuali di kelompok umur sudah pernah bermain untuk negara berjuluk Kincir Angin.

Piala Eropa menjadi debut perdananya. Nah, menarik dinantikan penampilan pemain blasteran berusia 22 tahun itu.

Kabar terbaru, Ian Maatsen segera berseragam Aston Villa dengan bayaran fantastis. Ini setelah tampil gemilang dalam 22 laga dengan sumbang 3 tiga gol dan 2 assist hingga lolos ke final Liga Champions 2023-2024 untuk berduel dengan Real Madrid, Minggu (2/6/2024) lalu.

Itu sepintas tentang tiga pemain keturunan Indonesia di Timnas De Oranje. Saksikan saja kiprah mereka tiga bersama penggawa kibarkan bendera negara Belanda di arena Euro 2024.

Turnamen akbar antarnegara Eropa dengan peserta 24 negara itu telah dimulai 14 Juni lalu dan bakal berlangsung hingga 14 Juli mendatang. []

 

Artikel sebelumnyaLindungi Rakyat Sipil, TNI Polri dan TPNPB Wajib Terapkan Konvensi Jenewa IV Tahun 1949
Artikel berikutnyaHuman Rights Monitor Update Pengungsian Ribuan Warga Bibida Kabupaten Paniai