PasifikUsai Mengunjungi, Pejabat MSG Anggap Papua Dalam Keadaan Stabil

Usai Mengunjungi, Pejabat MSG Anggap Papua Dalam Keadaan Stabil

Editor :
Admin

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Tim Melanesian Spearhead Group (MSG) yang dipimpin Direktur Jenderal Leonard Louma dan Penasehat Eksekutif Christopher Nisbert dikabarkan telah mengunjungi Jayapura, Provinsi Papua pada, Senin (17/6/2024).

Pemerintah Indonesia melalui Ketua Satuan Tugas (Satgas) Komunikasi Publik Kesejahteraan Papua dari Kementerian Kominfo, Usman Kansong dalam pernyataannya mengapresiasi kunjungan keduanya yang dianggap sebagai langkah baik karena bisa secara langsung melihat kondisi dan berbagai pembangunan yang telah dilakukan pemerintah di tanah Papua.

Ia mengatakan tim Melanesian Spearhead Group menganggap bahwa secara umum Papua dalam keadaan stabil dan kondusif, baik dari aktivitas ekonomi hingga kegiatan sosial kemasyarakatan berjalan dengan normal.

Baca Juga:  Perdana Menteri PNG: Tidak Terpengaruh Oleh Kemungkinan Mosi Tidak Percaya Oposisi

“Ini menjadi langkah positif dan apresiasi buat MSG karena kedua pimpinannya bisa menyaksikan bagaimana kondisi real di Bumi Cenderawasih,” ujarnya dalam pernyataannya yang dikutib dari rri.co.id.

Dalam kunjungan tim MSG nampaknya lebih melihat soal pengelolaan perbatasan, dan kerja sama bidang perkebunan di MSG yang berkeinginan melibatkan Indonesia melalui program perkebunan Vanili di Vanuatu dan Solomon Islands. Terutama membuka pasar di ASEAN.

Dalam pernyatan Pemerintah Indonesia atas kunjungan pejabat teras MSG itu mengungkapkan, MSG memberikan pujian terhadap kondisi Papua usai keduanya berkunjung langsung dan melakukan observasi setelah melalui perjalanan darat dari Port Moresby Papua Nugini (PNG) ke Jayapura.

Baca Juga:  Masyarakat Sipil dan Gereja di Pasifik Akan Gelar Aksi Solidaritas untuk West Papua - Kanak

Pada kunjungannya, baik Leonard Louma maupun Christopher Nisbert sependapat bahwa Indonesia juga bisa menjadi contoh yang baik bagaimana sebuah negara mengelola perbatasannya.

Mereka berpendapat bahwa langkah Indonesia merupakan “Good Practices” untuk di tiru di daerah-daerah perbatasan antarsesama negara MSG.

Terkait kunjungan tim MSG itu, Suara Papua mengkonfirmasi Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Papua, Suzana Wanggai.

Suzana mengakui bahwa dirinya mengetahui kunjungan tim MSG ke Papua, katanya “Benar. Kami tahu,” singkat membalas pesan melalui aplikasi Whatsapp suarapapua.com pada, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga:  Pendiri WikilLeaks, Julian Assange Bebas Setelah Mengaku Bersalah Atas Tuduhan Spionase di Amerika Serikat

Namun ketika ditanya terkait tempat dan agenda kunjungan tim MSG di Papua, Susana tidak meresponya.

Awal Juni 2024, MSG juga menginformasikan bahwa Petugas Pengembangan Pemuda dan Olahraga MSG, Bill Henry dan Legal Officer, Brittien Yosef telah bergabung dengan anggota MSG di Jakarta, yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan dan Pengembangan Kapasitas untuk petugas Dinas Luar Negeri Karier Menengah, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Indonesia dan AS Teken Pengalihan Utang untuk Lindungi Ekosistem Terumbu Karang

0
“Dengan menghapus utang dan mengalokasikan dananya kembali ke Indonesia, melalui program pengalihan utang untuk perlindungan alam. Kami melakukan langkah konkret untuk melindungi terumbu karang Indonesia yang sangat berharga dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” kata Michael Kleine.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.