Askab PSSI Lanny Jaya Bakal Selenggarakan Turnamen Sepak Bola di Tiom

0
169

TIOM, SUARAPAPUA.com — Asosiasi kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lanny Jaya akan menyelenggarakan turnamen sepak bola Lanny Jaya cup 1 2024 di Tiom, ibu kota kabupaten Lanny Jaya.

Hal itu dikemukakan Vinsen Yigibalom, ketua panitia pelaksana turnamen sepak bola Askab Lanny Jaya tahun 2024, Selasa (9/7/2024).

“Dalam waktu dekat ini kami akan adakan pertandingan sepak bola. Putra dan putri. Mulai hari Senin kemarin, kami sudah buka pendaftaran,” kata Vinsen.

Menurutnya, pendaftaran dibuka di sekretariat Askab PSSI Lanny Jaya di Tiom hingga ditutup 11 Juli sebelum technical meeting.

“Pertandingan akan dipusatkan di Tiom, dan peserta yang kami undang perwakilan 10 distrik dari 39 distrik yang ada di kabupaten Lanny Jaya. Tim putra dan putri dari 10 distrik induk harap berpartisipasi,” jelas Vinsen.

ads
Baca Juga:  Freeport Grassroot Tournament 2024 di Jayapura Diikuti 10 Klub

Dalam turnamen ini, pihaknya menetapkan beberapa ketentuan wajib bagi setiap tim, seperti batasan umur pemain.

“Tim putra kami batasi usia kelahiran 2003 sampai 2008, karena tujuan event ini kami gunakan juga untuk seleksi pemain Lanny Jaya dalam rangka mengikuti turnamen piala gubernur Papua Pegunungan pada akhir Agustus atau awal September 2024 di Wamena,” lanjutnya.

Sedangkan untuk tim putri bebas dari 10 distrik induk ditambah tim PKK dan satu tim gabungan organisasi wanita (GOW). Sementara untuk putra akan ada dua tim perwakilan OPD dan sekretariat dewan Lanny Jaya.

“Turnamen ini ajang seleksi sekalian memperebutkan piala Askab PSSI Lanny Jaya yang pertama.”

Untuk itu, Vinsen berharap dukungan pemerintah daerah. Hal ini baginya sudah pasti karena penjabat bupati Lanny Jaya, Alpius Yigibalom menaruh perhatian cukup untuk mendukung setiap upaya mempersatukan anak-anak muda melalui berbagai kegiatan, termasuk turnamen sepak bola.

Baca Juga:  Pemprov Papua Tengah Siap Gelar Multi Event Cabor U-12 dan U-16 di Nabire

“Tentunya pemerintah daerah memberikan dukungan baik moril maupun materil agar turnamen ini berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Vinsen juga minta masing-masing manajer dan pelatih menyiapkan tim terbaik untuk tampil di turnamen tersebut.

“Pastinya ada tim pemantau, dan pemain yang bagus akan dicatat namanya, kemudian dipanggil untuk bergabung supaya mulai latihan bersama sebelum bermain di tingkat provinsi.”

Sementara itu, Jekson Fredi Weya, sekretaris Askab PSSI Lanny Jaya, menyatakan, rencana turnamen sepak bola tersebut memang pertama kali akan digelar di Tiom, sehingga Pemkab juga memberi perhatian serius untuk memfasilitasinya.

Selain ajang pencarian bibit unggul di bidang sepak bola, tujuan mengirim duta-duta Lanny Jaya di ajang piala gubernur Papua Pegunungan, juga tentu masih banyak ajang lainnya yang akan diikuti. Karena itu, turnamen harus diadakan.

Baca Juga:  Inilah Tiga Pemain Keturunan Indonesia di Euro 2024

“Nanti ada banyak event, jadi dari sekarang perlu ada perhatian serius supaya sepak bola di Lanny Jaya hidup,” ujar Weya.

Fredi juga menyarankan panitia dapat menyelenggarakan turnamen dengan penuh rasa tanggung jawab sekaligus wajib menjaga ketertiban dan keamanan selama turnamen berlangsung.

“Pengurus Askab minta partisipasi aktif dari 39 kepala distrik untuk menyukseskan turnamen ini, karena turnamen yang akan diadakan itu sebagai sarana bagi anak-anak muda kembangkan talenta bermain bola,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, pengurus Askab PSSI Lanny Jaya resmi dilantik, Jumat (14/6/2024) di hotel Nawi Abua, Tiom.

Kepengurusan periode ini diketuai Selianus Wakur. []

Artikel sebelumnyaMendukung Kemampuan Menulis Anggota, RPM SIMAPITOWA Gelar Workshop Jurnalistik
Artikel berikutnyaIJTI Minta Pers Boikot Pemberitaan TNI AL Buntut Anggota Usir Jurnalis di Sorong