Tanah PapuaMamtaMendukung Kemampuan Menulis Anggota, RPM SIMAPITOWA Gelar Workshop Jurnalistik

Mendukung Kemampuan Menulis Anggota, RPM SIMAPITOWA Gelar Workshop Jurnalistik

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Rumpun Pelajar Mahasiwa Siriwo, Mapia, Piyaiye, Topo dan Wanggar (RPM SIMAPITOWA) di kota studi Jayapura gelar Workshop jurnalistik untuk memperkenalkan ilmu jurnalis kepada anggotanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada, Rabu (10/7/2024) di Bayangkara, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

Dalam kegiatan tersebut, RPM SIMAPITOWA menghadirkan dua jurnalis Papua, Elisa Sekenyap dari Suara Papua dan Hendrik Rewapatara dari Tribun Papua.

Elisa Sekenyap, yang juga Ketua Asosiasi Wartawan Papua (AWP) berbicara tentang etika jurnalisme, dan Hendrik Rewapatara yang adalah Sekretaris AWP berbicara tentang cara menulis sebuah berita.

Baca Juga:  Perusahaan Perusak Hutan Diberi Penghargaan di Hari Lingkungan Hidup

Oktopianus Petege, Ketua RPM SIMAPITOWA dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada pemateri yang hadir dalam kesederhanaan pelajar dan mahasiswa di sekretariat RPM SIMAPITOWA di Bayangkara.

Elisa Sekenyap (kemeja putih) ketika menerima piagam penghargaan. (Yulianus supplied for SP)
Hendrik Rawapatara ketika menerima piagam penghargaan. (Yulianus supplied for SP)

“Ini adalah hal baru, yang mana kaka berdua yang adalah wartawan di Jayapura bisa hadir di sini. Awalnya saya pikir abang berdua ini tidak akan datang, tetapi berkat perjuangan kawan biro media dan pers, sehingga abang berdua bisa hadir dan berbagi pengalaman jurnalis kepada kami. Untuk itu kami barharap agar dari kegiatan ini bisa 1 atau 2 Jurnalis yang muncul untuk menulis,”ujar Petege.

Baca Juga:  Harus Ada Kepastian Hukum Dalam Penerimaan CPNS OAP di Papua Selatan

Yulianus Magai, Biro Media dan Pers RPM SIMAPITOWA mengatakan, kegiatan tersebut dibuat guna membangun kemampuan menulis mahasiswa serta berbagai pengalaman jurnalis dengan wartawan-wartawan yang ada.

“Kegiatan worshop jurnalistik ini kami lakukan guna membagangun kemampuan menulis mahasiswa, serta memberikan ruang khusus kepada senior untuk memberikan apa yang para senior tahu kepada adik-adik,” jelas Magai.

Serupa disampaikan Emanuel Magai, salah satu senior dari RPM SIMAPITOWA, katanya, dirinya mewakili senior lainnya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kegiatan ini luar biasa. Sebelumnya tidak pernah melakukan kegiatan seperti ini, kecuali saat seminar dan penerimaan siswa dan mahasiswa baru. Jadi dengan dilakukannya kegiatan ini berharap agar adik-adik yang telah mengikuti kegiatan ini bisa terapkan apa yang telah diterimnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Demi Generasi Bangsa, Kabulkanlah Suara Masyarakat Adat Awyu dan Moi!

Thresiya Iyai, salah satu peserta kegiatan juga mengaku senang dan bersyukur karena bisa bertemu langsung dengan jurnalis yang menyampaikan materi pada hari ini.

“Saya secara pribadi merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini, apalagi ketemu dengan wartawan dari media sekelas Suara Papua dan Tribun Papua. Ini adalah kesempatan yang baik,” pungkasnya.

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPU Deiyai Akui Satu Bapaslon Perseorangan Telah Memenuhi Verifikasi Faktual

0
“Hari ini secara resmi kami serahkan berita acara hasil verifikasi faktual ini, dan setelah itu silakan ikuti lagi beberapa tahapan berikutnya,” kata Yulianus Mote, ketua KPU kabupaten Deiyai.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.