Laurenzius Kadepa: Hentikan Kekerasan Terhadap Warga Sipil di Pirime

0
100

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Laurenzius Kadepa, Anggota Komisi I DPRP Papua tegas mendesak agar aparat TNI/Polri dan kelompok sipil bersenjata untuk menghentikan penyerangan yang mengorbankan warga sipil di Lanny Jaya, Provinsi Papua.

Peryataan itu disampaikan Laurenzius Kadepa pada, Selasa (18/9/2018) kepada suarapapua.com melalui pesan elektronik whatsapp berkaitan dengan dugaan aparat TNI/Polri melakukan penyerangan di distrik Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, Papua sejak beberapa waktu lalu.

“Saya sudah dengar persoalan di Kabupaten Lanny Jaya yang hingga saat ini aparat gabungan sedang melakukan operasi yang menurut mereka adalah tugas. Saya tidak intervensi tugas keamanan, namun dari laporan lapangan dari berbagai sumber bahwa warga sipil trauma dan ada warga sipil jadi sasaran korban pemukulan aparat,” kata Kadepa.

Baca Juga:  Komisioner KPU Yahukimo Nyatakan Siap Selenggarakan Pemilu 2024

Kadepa mengatakan, ada banyak foto yang membuktikan. “Dari dulu saya katakan, kekerasan bukan soluasi menyelesaikan masalah.”

Dikatakan, TPN-OPM maupun TNI/Polri seharusnya menahan diri demi rakyat sipil yang korban, karena jumlah rakyat sedikit. Bahkan mereka (Masyarakat) sudah muak dengan segala bentuk kekerasan yang diakibatkan oleh segala bentuk perang.

ads

Baik perang antara suku mapun perang dalam satu suku, karena suatu kepentingan segelintir orang dalam Pemilu atau Pilkada.

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

Dari informasih yang dihimpun dari lapangan kata Kadepa, TNI diduga melakukan tindakan penganiayaan terhadap warga sipil, termasuk memukul seorang pelajar diujung lapangan terbang di Pirime yang hendak pulang.

“Dan juga menembak ternak warga di Pirime dan dari kejadian itu sampai saat ini Pemerintah Daerah baik Bupati maupun DPRD Lanny Jaya belum menyikapi.”

Baca Juga:  OAP di PBD Sangat Minoritas, MRP PBD Bakal Terbitkan Regulasi

“Saya juga meminta kepada Kapolda dan Pangdam hentikan operasi ini. Operasi yang menyakiti rakyat sipil harus dihentikan,” tukasnya.

Dari informasi yang bereda, aksi aparat itu dilakukan sebagai bentuk pengejaran terhadap Enden Erimbo Wanimbo, Komadan TPN-BP Wilayah Lapaago.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaPAHAM Papua Desak Pelaku Penganiayaan Yudas Gebze Diproses Hukum
Artikel berikutnyaMahasiswa Manokwari Desak Pemerintah PB Tiadakan Tes CPNS Jalur Online