PartnersPrancis Mengirimkan Kendaraan Lapis Baja yang Dilengkapi Senapan Mesin ke Kaledonia Baru

Prancis Mengirimkan Kendaraan Lapis Baja yang Dilengkapi Senapan Mesin ke Kaledonia Baru

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Polisi di Kaledonia Baru memiliki senjata baru di gudang senjata – truk-truk canggih dengan senapan mesin, yang diterbangkan dari Prancis untuk mengendalikan situasi hukum dan ketertiban umum setelah kerusuhan yang terjadi di wilayah tersebut.

RNZ Melaporkan, keadaan darurat telah dicabut di wilayah tersebut pada hari Selasa lalu, namun pasukan keamanan yang berjumlah lebih dari 3000 orang masih akan tetap berada di sana hingga Olimpiade Paris.

Menteri Dalam Negeri dan Wilayah Luar Negeri Gérald Darmanin mengatakan melalui platform media sosial X bahwa kendaraan-kendaraan tersebut, yang dikenal dengan nama Centaur, juga dapat menembakkan gas air mata.

“Kendaraan lapis baja ini akan membantu polisi mengakhiri semua penghalang jalan dan sepenuhnya membangun kembali ketertiban umum di nusantara,” kata Darmanin.

Baca Juga:  Sejarah Kelam Kaledonia Baru Dari Waktu Ke Waktu

“Jika terjadi ancaman yang lebih serius, seperti serangan teroris, yang akan melibatkan penggunaan kekuatan bersenjata, Centaur dapat dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 yang dioperasikan dari jarak jauh.”

Dia mengatakan bahwa kendaraan off road ini dapat membawa hingga sepuluh orang dan menembakkan gas air mata dari sebuah menara untuk membubarkan orang-orang yang beringas atau menjauhkan mereka.

Seorang jurnalis di lapangan, Coralie Cochin, mengatakan kepada RNZ Pacific bahwa keadaan di pinggiran kota masih jauh dari tenang, meskipun ada laporan resmi bahwa hukum dan ketertiban telah dipulihkan di pinggiran Nouméa.

“Polisi berkelahi dengan para pengunjuk rasa yang baru saja mendirikan penghalang jalan dan membakarnya di jalan saya hari ini,” kata Cochin, yang tinggal di pinggiran utara Dubea.

Baca Juga:  Dewan Gereja Pasifik Minta Dukungan Doa dan Solidaritas Rakyat Kanak Hadapi Tangan Besi Prancis

“Orang-orang takut akan rumah mereka. Saya punya teman yang harus melarikan diri dari properti mereka yang terbakar dan tidak memiliki apa-apa.”

Ia mengatakan bahwa orang-orang terbagi atas apakah Centaur akan mengubah sesuatu.

“Orang Kanak takut, mereka bertanya-tanya mengapa polisi memiliki senapan mesin ketika yang mereka hadapi hanyalah batu,” kata Cochin.

Yang lain percaya bahwa Centaur sangat penting untuk menghancurkan penghalang jalan dan melindungi properti, tetapi upaya untuk membasmi mereka sepenuhnya sejauh ini terbukti sia-sia.

“Segera setelah mereka disingkirkan, para pengunjuk rasa pro-kemerdekaan akan memasangnya kembali. Ini seperti permainan kucing dan tikus,” katanya.

Baca Juga:  Bencana Longsor di PNG: Komunitas yang Dulunya Ramai, Kini Tinggal 'Tumpukan Batu'

Prancis juga telah memutuskan untuk melanjutkan pemilihan umum Eropa di Kaledonia Baru pada hari Minggu, meskipun ada ketegangan politik di wilayah tersebut.

Komisaris Tinggi Kaledonia Baru Louis Le Franc mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa materi pemungutan suara telah tiba dan persiapan sedang dilakukan untuk mengirimkannya ke tempat pemungutan suara.

Le Franc mengatakan jam malam akan tetap berlaku dari pukul 18.00 hingga 06.00 hingga sehari setelah pemilihan, serta larangan penjualan senjata dan alkohol.

Dia mengatakan bandara internasional Nouméa akan tetap ditutup hingga pemberitahuan lebih lanjut, sementara situasi “dinormalisasi”.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pj Bupati Lanny Jaya Sidak di RSUD Tiom, Begini Hasilnya

0
"Tolong perhatikan ruangan. Petugas cleaning service harus perhatikan halaman dan got-got itu segera bersihkan. Jangan tunggu lagi, sekarang juga bergerak," ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.