Koperasi Pasar Mama-Mama Papua akan Diaktifkan Kembali

0
3513

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Koperasi pasar mama-mama Papua disepakati untuk diaktifkan kembali setelah dinas peridangkop provinsi Papua dan pengurus pasar mama-mama Papua melakukan pertemuan pada Rabu (10/10/2018) di Kota Jayapura.

Kabid Bina Usaha Koperasi, Dinas Perindustrin, Perdagangan dan Koperasi (Perindangkop) Papua, Soleman Kogoya mengatakan pemerintah Provinsi diawal kepenimpinan Lukas Enembe dan Klemen Tinal di masa kepemimpinannya yang ke dua ini, ingin menghidupkan kembali koperasi di Papua khususnya Koperasi mama -mama Papua.

“Koperasi mama – mama papua harus bangkit, jadi sesuai arahan asisten satu maka akan diaktifkan kembali Koperasi bangkit mama – mama papua,” katanya.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Untuk saat ini, kata dia, akan diaktifkan dalam jangka pendek lebih dulu, selanjutnya kelengkapan koperasi untuk jangka panjang akan diakomodir.

“Kita hanya ambil informasi koperasi dan kelembagaan, jadi mana yang akan kita utaman akan kita sepakat dengan Solpap,” ujarnya.

ads

Kepala Seksi permodalan Koperasi, Mahadma Gandi Waromi  mengatakan yang diinginkan pemprov adalah bagaimana Solpap bersama mama – mama papua dan pengurus mengutamakan pembetukan pengurus karena selama ini fakum sejak alm. Rojit meninggal.

Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

“Utamakan pembentukan pengurus lebih dulu, selanjutnya kita pikir RAT, (Rapat Angaran Tahunan) sehinga saat akif baru kita akan duduk dan bikin, kita akan buat SK dan setelah aktif kita resmikan menghadirkan Gubernur,” ujarnya.

“Tujuan kita akan menjadi pusat barang barang pangan lokal di akomodir,  sehinga di koperasi ini kedepan dapat kita opersikan bagi masyarakat papua utuk barang lokal saat jelang PON 2020” sambugnya.

Baca Juga:  Dinas Sosial Lanny Jaya Salurkan Sejumlah Bantuan Pemprov ke Masyarakat

Ketua Solpap, Frengki Warer mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif pemprov dan  ia mengaku hal tersebut sudah menjadi komitmen Solpap dalam Mubes Solpap sebelumnya.

“Sejak alamarhum Rojit meningal Koperasi  pasar sempat fakum dan koperasi yang sudah ada 4, namun yang aktif unit trasportasi dan kios,” jelas Warer.

Selain itu, pihaknya dan pengurus akan sesegera mungkin melaporankan kekayaan dan aset koperasi yang selajutnya pembentukan pengurus sebagai syarat awal pembentukan koperasi

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaFIM West Papua Tolak Biaya SPP Uncen Dinaikan
Artikel berikutnyaMasyarakat Adat Mamberamo Raya Tolak Gabung Dengan Rencana DOB Saireri