Tanah PapuaMeepagoJasad Anggota TPNPB yang Tertembak di Paniai Telah Diserahkan Ke Pihak Keluarga

Jasad Anggota TPNPB yang Tertembak di Paniai Telah Diserahkan Ke Pihak Keluarga

Editor :
ELisa Sekenyap

PANIAI, SUARAPAPUA.com— Jasad anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang ditemukan tewas usai kontak tembak antara TPNPB dan pasukan TNI-Polri di Madi, Kabupaten Paniai Provinsi Papua Tengah pada, Rabu (22/5/2024) malam telah diserahkan kepada pihak keluagra di distrik Bibida, Paniai pada, Kamis (23/5/2024).

Awalnya penyerahan jasad tersebut dilakukan di Rumah Sakit Madi Paniai, dari pihak aparat kepolisian Paniai ke tokoh agama (FKUB) Paniai dan pemerintah yang diwakili oleh kepala distrik Paniai Timur yang didampingi 17 kepala kampung Paniai Timur.

Baca Juga:  JDP: Pemindahan Makam Dortheys Eluay Harus Berpikir Bijak Dengan Kepala Dingin

Kabag Ops Polres Paniai, AKP Hendry Joedo Manurung dalam prosesi penyerahan mayat ke pihak tokoh agama meminta agar mayat tersebut harus diterima oleh pihak keluarga.

“Setelah kalian terima, kalian harus antar sampai ke keluarga korban dan kalian harus pulang dengan aman. Kami sendiri akan jaga di pertigaan jalan masuk Bibida. Tidak akan masuk ke dalam demi kita sama-sama ciptakan Paniai ini aman. Tapi kalau sampai ada pihak lain yang ganggu kalian, kami tidak segan-segan akan masuk,” ucapnya.

Baca Juga:  Otsus Papua Berlaku Juga di Kabupaten/Kota, Gobai: Perjuangan MRP Sudah Tepat!
Kabag Ops Polres Paniai AKP Hendry Joedo Manurung ketika bicara dengan para tokoh agama sebelum penyerahan mayat, Kamis (23/5/2024). (Stevanus Yogi – SP)

Setelah itu mayat dimasukkan ke dalam mobil jenazah dan doa bersama. Kemudian mayat tersebut diantara ke distrik Bibida Paniai.

Sesampai di Bibida, mayat disambut pihak keluarga dan pimpinan TPNPB Kodap VIII Intan beserta anggotanya secara militer.

Setelah itu dilakukan doa bersama lalu tokoh agama menyerahkan mayat kepada pihak keluarga dan Undinus Kogoya sebagai pimpinannya.

Baca Juga:  Penangkapan AN di Enarotali Diklarifikasi, TPNPB: Dia Warga Sipil!

Undius Kogoya, Panglima TPNPB Kodap VIII Intan Jaya dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada tokoh agama dan pemerintah distrik serta kepala kampung yang telah mengantarkan jasad anggotanya dengan baik.

“Saya sudah terima. Terima kasih banyak!” ucap Undinus.

Terkini

Populer Minggu Ini:

128 Ekor Hewan Kurban Dari Pertamina Regional Papua Maluku untuk Masyarakat

0
"Dalam prosesnya, kami melalui Badan Dakwah Islam Pertamina juga bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan bantuan daging sampai kepada yang berhak menerimanya," kata Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.