BeritaFreeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Baru

Freeport Mulai Kirim Konsentrat Tembaga ke Smelter Baru

Editor :
Admin

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— PT Freeport Indonesia (PTFI) memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, ProvinsiPapua Tengah pada, Kamis (13/6/2024) menuju Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus(KEK), Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Provinsi Jawa Timur yang mulai beroperasi Juni 2024.

“Smelter PTFI di Gresik sudah siap beroperasi sehingga kami memulai pengiriman perdana konsentrat tembaga. Ini adalah momen penting bagi PTFI dan Indonesia,” kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas,Jumat(14/6/2024).

Adapun Kapal Mother Vessel (MV) Unitama Lily mengangkut total 22.000 ton konsentrat tembaga, dengan rincian sekitar 12.000 ton akan dimurnikan di Smelter PTFI dan10.000 ton akan dikirim ke PT Smelting Gresik.

Baca Juga:  ULMWP: Pembentukan KKR Upaya Menyembunyikan Pelanggaran HAM Papua Dari Perhatian Internasional

“Pengiriman perdana konsentrat ini merupakan momen penting bagi PTFI dan juga bagi Indonesiadimana seluruh konsentrat tembaga ini akan dimurnikan di dalam negeri, mewujudkan hilirisasi sebagai pijakan menujuIndonesia maju,”kataTony.

Tony menjelaskan konsentrat tembaga tersebut sebagai pasokan smelter yang akan segera beroperasi.Diperkirakan tibadi Pelabuhan Smelter PTFI di Kawasan Ekonomi KhususJIIPE, Gresik pada 22 Juni mendatang.

Setelah tiba di pelabuhan, konsentrat akan ditempatkandalamConcentrate Barnsebelum diproses lebih lanjut nantinyapada saat masuk tahapan produksidiFlash Smelting Furnace (FSF).

Baca Juga:  Bappilu Partai Demokrat Provinsi PP Resmi Gelar Pleno Penutupan Pendaftaran Cagub dan Cabup

Secara garis besar terdapat tiga proses yang harus dilalui konsentratsebelum menjadi lembaran katoda tembaga, yakni prosesmaterial handlingkonsentrat, proses peleburan diFurnacedan pemurnian diElectrorefinery.

“Kami menjalankan smelter dengan standar operasional yang tinggi dan memenuhi semua regulasi pemerintah. Ini adalah komitmen kami dalam mendukung program hilirisasi pertambangan yang ditetapkan pemerintah,” kata Tony.

Smelter PTFI merupakan fasilitas pemurnian konsentrat tembaga yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Manyar, Gresik, Jawa Timur. Pembangunannya dimulai Oktober 2021 dan telah selesai pembangunan sesuai jangka waktu yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga:  ASN dan Honorer Setiap OPD di Paniai Dibekali Ilmu Protokoler dan Menulis

Smelter kedua PTFI ini merupakan smelter tembaga dengandesainsingle lineterbesar di dunia dan akan mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi hingga 1,7 juta ton setelah beroperasi penuh.

Smelter dilengkapiUnitRefinery,Unit Pemurnian Logam Mulia, Unit Oksigen, Unit Asam Sulfat dan UnitDesalinasi sertaUnitEffluent and Wastewater Treatment Plant untuk mendukung pemanfaatanmaksimal bahan baku, produk samping maupun limbah agar dapat mencapaihigh efficiency smelting and refining process.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Banyak Hal MRP Sampaikan ke Presiden Jokowi, Apa Saja?

0
"Harapan kami semua bahwa hal ini bisa dapat dipertimbangkan dan bisa memberikan pendapat dari bapak presiden Jokowi dan juga jajarannya," kata Agustinus Anggaibak.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.