ArsipVoni Blesia Lulus Cumlaude di Amerika Serikat

Voni Blesia Lulus Cumlaude di Amerika Serikat

Minggu 2013-05-12 09:51:30

PAPUAN, Jayapura — Voni Blesia, siswi asal Papua yang mengikuti program beasiswa Papua luar negeri, angkatan pertama yang kuliah di Corban University USA, sejak 2009 lalu, kembali membuat prestasi cemerlang.

Ia berhasil lulus sejak 4 Mei 2013 lalu, bahkan dirinya berhasil diwisuda dengan hasil cukup membanggakan, yaitu predikat Cum laude dalam bidang Health Science atau ilmu kesehatan.

Voni Blesia sendiri adalah mahasiswa Papua yang pertama kali di wisuda untuk angkatan pertama beasiswa siswa unggul Papua yang dikirim sejak tahun 2009, dalam program Doktor, ke sejumlah perguruan tinggi ternama di luar negeri.

Lulusnya Voni Blesia merupakan peristiwa membanggakan bagi sumber daya manusia Papua, karena Voni lulus dalam waktu 3,5 tahun, lulus paling cepat bahkan dengan predikat terbaik (Cum Laude), mampu bersaing dengan para siswa dari luar negeri lainnya.

“Ini membuktikan bahwa anak-anak Papua juga mampu bersaing dengan para mahasiswa terbaik dari luar negeri lainnya,” ungkap Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua, DR. Zakarias Giyai, M.Kes, melalui siaran pers yang dikirim kepada redaksi suarapapua.com, Minggu (12/5/2013).

“Saya harap para mahasiswa Papua lainnya, yang kini sedang mengikuti program beasiswa siswa unggul Papua Pendidikan Luan Negeri, maupun Dalam Negeri dapat mengikuti contoh yang telah ditunjukkan oleh Voni,” ujar Zakarias.

Kata Zakarias, sebenarnya para mahasiswa Papua atau Generasi Muda Papua dapat, bahkan mampu menunjukkan prestasi terbaik dalam bidang pendidikan tinggi di Luar Negeri maupun di Dalam Negeri.

“Generasi muda Papua sebenarnya mampu, hanya persoalannya adalah apa mereka mau bekerja keras atau tidak,” ujarnya. .

Zakaris menambahkan, dirinya percaya dengan motivasi yang tinggi, semangat pantang menyerah dan kerja keras yang sungguh-sungguh, tidak ada yang mustahil.

“Mereka bisa, merekalah masa depan Papua, mereka adalah harapan Papua. Mereka dapat bekerja dengan kemampuan intelektual yang bermutu tinggi untuk pembangunan Papua di masa yang akan datang,”ungkapnya.

Selain Voni Blesia, ada juga mahasiswa Papua lainnya yang lulus, yaitu William Wanane, yang juga diwisuda, 4 Mei lalu, di Corban University USA, yang juga mengambil jurusan yang sama dibidang kesehatan Health Science.

“Saya harap para mahasiswa Papua yang mengikuti program beasiswa siswa unggul Papua pendidikan Luar Negeri maupun Dalam Negeri, yang lulus dengan predikat sangat memuaskan dapat direkomendasikan untuk langsung mengikuti program Magister untuk selanjutnya mengikuti program Doktoral,” harap Zakarias.

Voni Blesia, melaui elektronik mailnya tak mampu menyembuyikan rasa bangganya, karena membuktikan sebagai anak Papua yang bersaing dengan anak-anak cerdas dri negara lain, dirinya juga mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Papua, yang sudah memberikan beasiswa kepada dirinya dan rekan-rekannya.

“Semua ini karena Tuhan, dan juga dorongan dari pemerintah Provinsi Papua, terutama dari Badan pengelola sumber daya manusia yang sudah bersusah payah memfasilitasi kami untuk sekolah di Amerika. Saya berharap ada dukungan dana lagi, sehingga bisa meraih program PhD,”tukasnya.

Harapan Voni dan William , dengan ilmunya dapat membantu pelayanan di Papua, terutama dibidang kesehatan yang menjadi keahlihannya.

SEM MIRINO

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aksi Hari Aneksasi di Manokwari Dihadang Aparat, Pernyataan Dibacakan di Jalan

0
“Pukul 11. 04 WP pihak keamanan hadirkan pihak DPR PB. Pukul 12. 05 WP, massa aksi kami arahkan untuk menyampaikan orasi politik dari masing-masing organisasi. Akhir dari orasi politik membacakan pernyataan sikap.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.