Atinus Logo Terpilih jadi Ketua HIPMY Manado

0
1328

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Atinus Logo terpilih menjadi ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Yalimo (HIPMY) di Manado, Sulawesi Utara dalam rapat musyawarah umum anggota yang digelar, dengan masa bakti 2020-2022. 

Ketua Panitia Musyawarah Umum, Yosias Kepno mengakui sebenarnya pelaksanaan kegiatan tahun kemarin, tetapi tersendat pada puncak kegiatannya, lantas pembentukan panitia sudah lama pada tanggal 13 Maret 2019. Namun terhambat dua masalah besar.

“Pertama kejadian di asrama Papua di Surabaya, ujaran rasisme dan Covid-19 itu yang Mahasiswa Yalimo semua tercerai-berai aktivitas organisasi dan tersendat selama 1 tahun.  Tapi kami bersyukur kami bisa dapat melaksanakan musyawarah,” kata Yosias kepada suarapapua.com, Rabu (5/8/2020) lalu.

Baca Juga:  10 Nakes Mimika Ikuti Konferensi Internasional Neurovaskular

Selainnya, seorang senioritas Yali, Motis Yohame menjelaskan sejarah HIPMY sangatlah panjang sejak tahun 1990-an. Tuhan telah membuka jalan bagi orang-orang suku Yali untuk berstudi di kota Nyiur Melambai Manado, namun pada tahun-tahun itu para pelajar dan mahasiswa Yali tidak mendirikan organisasi seperti sekarang.

“Tahun 1999 mulai berdatangan berstudi di Tomohon dan Tondano, maka bentuklah wadah keimanan Nitohon yang berarti (dari kita dan untuk kita). Mula-mula organisasi Nitohon telah mempersatukan seluruh mahasiswa-mahasiswa asal suku Yali sebelum pemekaran kabupaten Yalimo dan Yahukimo. Wadah Nitohon didirikan berdasarkan mandat dari organisasi Ikatan Keluarga Besar Yali (IKBY), yang pada saat itu berpusat di kota Wamena,” jelasnya.

ads
Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Lanjut Yohame, Organisasi Nitohon bertahan dan berjalan dari tahun 1999-2001, akan tetapi, kata dia, pada tahun 2001 terjadi perubahan mahasiswa Yalimo, di mana terpecah menjadi dua bagian, yang lain mendirikan organisasi Perhimpun Pelajar dan Mahasiswa Yahukimo (PPMY) dan lain lagi masih mempersatukan barisan mahasiswa-mahasiswa Yalimo dan tetap dalam bingkai Nitohon.

“Pada tanggal 9 September 2009 organisasi HIPMY menjadi organisasi sosial berdasarkan hasil Musyawarah Umum Anggota (MUA), yang sekaligus dihadiri mahasiswa Yalimo di Tomohon danTondano, karena mengingat kabupaten Yalimo dimekarkan dengan demikian sampai saat ini,” katanya.

Baca Juga:  Simamora: Penting Mengajar Anak, Tetapi Juga Pembentukan Karakter

Dalam kesempatan itu, Yanora Wandik, mantan pengarah organisasi HIPMY yang baru didemisionerkan menambahkan akan mengadakan pelantikan  pengurus terpilih dalam jangka waktu yang dekat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, karena hasilnya sudah ada ketua baru yang terpilih hari ini dan pelantikan akan segera dimulai dalam satu minggu kedepan ini, itu komitmen kami tim formatur,” imbuhnya.

 

Pewarta: Atamus Kepno

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPuluhan Maba Siap Diterima Jadi Anggota HPMP-AWWEGIPBY
Artikel berikutnyaMasyarakat Puragi dan Tawanggire Desak Guru Kembali Mengajar