ADVERTORIALPJ Bupati Intan Jaya Secara Resmi Membuka Pelaksanaan Pekan Nasional Imunisasi Polio...

PJ Bupati Intan Jaya Secara Resmi Membuka Pelaksanaan Pekan Nasional Imunisasi Polio di Sugapa

SUGAPA – Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya, Apolos Bagau, ST secara resmi telah membuka pelaksanaan kegiatan Pekan Nasional Imunisasi Polio yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berlangsung pada Senin (27/5/2024) di Puskesmas Bilogai, distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Dalam sambutannya, Pj Bupati menjelaskan, tujuan dari pencanangan PIN polio adalah untuk memberikan perlindungan secara optimal dan merata kepada kelompok anak usia 0-7 tahun sebagai upaya untuk melakukan pencegahan terhadap penularan virus polio.

“Sekarang ini kita dihadapkan pada suatu permasalahan Kemanusiaan / bencana Kemanusiaan. Dimana 3 kabupaten di tanah Papua telah terkonfirmasi memiliki anak – anak yang tiba – tiba lumpuh layu (polio), yaitu kab. Mimika, Nduga dan Asmat. Hal ini menyebabkan tanah kita, tanah Papua menjadi perhatian dunia melalui lembaga kesehatan WHO dan UNICEF. Dan kemudian menjadi issue Nasional di Indonesia (Kejadian Luar Biasa/KLB) yang membutuhkan penanganan segera dan mendesak sesuai arahan Kemenkes,” ungkap Pj Bupati.

Baca Juga:  Alat Berat Dibakar OTK di Intan Jaya, PT GS Siap Bertanggungjawab

Menurut Pj Bupati, KLB merupakan hal yang harus ditangani segera dan bersama – sama. Apalagi kondisi geografis Intan Jaya yang sangat berdekatan dengan Kab. Mimika.

“Maka Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya apa yang sedang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Intan Jaya dalam penanganannya. Supaya anak-anak kita yang merupakan aset penting Intan Jaya ke depan terlindungi dari virus polio,” jelasnya.

Baca Juga:  128 Ekor Hewan Kurban Dari Pertamina Regional Papua Maluku untuk Masyarakat

Lebih lanjut, Pj Bupati Intan Jaya juga meminta agar semua pihak yang ada dapat memberikan dukungan kepada Dinas Kesehatan bersama timnya untuk melaksanakan PIN Polio dengan baik, lancar dan aman.

“Sebagai Pj Bupati saya meminta supaya semua stakeholder dapat memberikan dukungan. Supaya anak-anak kita bisa terlindungi dari virus polio. Saya juga mengajak bapa-bapa dan mama-mama yang ada di Intan Jaya agar bawa anak-anak kita yang berusia 0-7 tahun agar diberikan polio,” katanya.

Dinas Kesehatan akan melakukan PIN di Kabupaten Intan Jaya dalam empat putaran dalam kurun Waktu Mei – September. Yaitu, Putaran I: 27 Mei-8 Juni 2024, Putaran II: 24 Juni-6 Juli 2024, Putaran III: 1-11 Agustus 2024 dan Putaran IV: 9-22 September 2024.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Intan Jaya Teken MoU dengan Kampus IPB Bogor

Kegiatan Launching PIN Polio di Kabupaten Intan Jaya dilakukan di Sugapa dan dihadiri oleh Pj Bupati Intan Jaya, Sekda Intan Jaya, Ketua Pj Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Intan jaya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Intan Jaya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Intan Jaya, Danramil Sugapa, Kapolsek Sugapa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Klinik St. Michael dan Pemuda.(Diskominfo Intan Jaya)

Terkini

Populer Minggu Ini:

Memorialisasi Perjuangan HAM Melawan Lupa Melalui Film Yang Tak Pernah Hilang

0
“Film ini sebagai upaya menghidupkan kembali ingatan tentang kawan yang hilang dan tidak adanya upaya untuk mengungkap keberadaan mereka hingga kini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.