ArsipDukung Keanggotaan Penuh ULMWP di MSG, KNPB Lapago akan Gelar Doa Bersama

Dukung Keanggotaan Penuh ULMWP di MSG, KNPB Lapago akan Gelar Doa Bersama

Selasa 2016-04-12 10:54:49

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Rencana diselenggarakannya aksi demonstrasi akbar damai rakyat Papua di Jayapura dan beberapa kota besar lain di Papua yang dimediasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) pada tanggal 13 April 2016 besok, mendapat dukungan penuh KNPB wilayah Pegunungan Tengah Papua atau Lapago.

Aksi itu sendiri akan dilakukan guna mendukung keanggotaan penuh wadah representatif rakyat Papua, ULMWP agar diterima sebagai anggota penuh dalam forum negara-negara Melanesia yang tergabung dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) dan meminta international supervised for West Papua. Termasuk tolak keanggotaan penuh Indonesia di forum Melanesian tersebut.

 

Juru Bicara KNPB Wilayah Lapago, Wenewolok Hiluka mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan aksi nasional yang akan digelar di seluruh Papua pada Rabu 13 April 2016. (Baca juga: KNPB Keluarkan Seruan Aksi Nasional)

 

“Kami dari KNPB, PRD, TPN dan organ perjuangan Papua merdeka sepakat untuk mendukung penuh dan memberikan dukungan bahwa negara-negara Pasifik di MSG itu mereka bicara tentang kami (Papua), maka kami tidak bisa diam. Kami harus buat aksi di dalam negeri,” ungkap Hiluka kepada suarapapua.com di Wamena, Selasa (12/4/2016). 

 

Sementara itu, Simeon Dabi, Ketua KNPB Wilayah Lapago menyatakan, sesuai agenda aksi rakyat Papua besok di Jayapura, untuk di Wamena bentuknya akan disesuaikan.

 

“Nanti kami sesuaikan besok, tapi kami minta dukungan doa dari seluruh rakyat Papua Barat,” ujarnya.

 

Ia juga berharap ULMWP dapat segera didaftarkan sebagai anggota penuh di lembaga MSG. “Itu harapan dan kerinduan yang medasar bagi rakyat Papua sebagai bagian dari Melanesia” kata Dabi.

 

Hal serupa mengenai aksi besok, disampaikan pula Harry Kossay, salah satu anggota KNPB Wilayah Lapago. Katanya, KNPB Wilayah Lapago tidak akan melakukan aksi seperti di Jayapura, karena ruang demokrasi ditutup rapat, tetapi sebagai bentuk dukungan pihaknya akan lakukan doa bersama di Wamena.

 

“Intinya, kami siap aksi untuk mendukung keanggotaan penuh ULMWP di MSG dan meminta international supervised for West Papua, tetapi akan kami lakukan dalam bentuk doa karena ruang demokrasi di Jayawijata tertutup,” kata Kossay.

 

Dukungan serupa datang dari KNPB Toli, Tolikara, yang disampaikan Ketua KNPB, Omanggen Wanimbo. Ia menyatakan, apapun bentuk kegiatan tentang Papua merdeka pihaknya siap memberikan dukungan dan itu dukungan yang penuh dengan doa.

 

“KNPB Toli sangat mendukung kapanpun, dimanapun kegiatan Papua Merdeka dalam negeri maupun luar negeri” tukas Omanggen.

 

Tidak hanya KNPB yang memberikan dukungan, Parlemen Rakyat Daerah (PRD) sebagai penanggungjawab politik juga memberikan dukungan tentang aksi besok untuk menjadi anggota tetap ULMWP di MSG.

 

“Apapun bentuknya kami siap mendukung” tutur Tugi F. Hilapok, sekretaris PRD Wilayah Lapago.

 

Sebelumnya, Pengurus KNPB Pusat mengeluarkan seruan aksi damai rakyat Papua pada tanggal 13 April 2016 di Taman Imbi Jayapura guna mendukung keanggotaan penuh ULMWP di MSG dan meminta international supervised for West Papua. Termasuk menolak keanggotaan penuh Indonesia di MSG.

 

Editor: Arnold Belau

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

0
“Lawan Persiraja Banda Aceh di leg kedua menarik disaksikan. Bagi kami, target tiga poin sudah pasti. Kami mau berikan yang terbaik. Doakan kami agar pertandingan berjalan baik dan sudah pasti apa yang kami bisa kerjakan siap laksanakan di lapangan hijau,” ujar Regi Aditya Yonathan, pelatih kepala PSBS Biak.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.