PolhukamDemokrasiParpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

SORONG, SUARAPAPUA.com — Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran bakal calon bupati Tambrauw periode 2024-2029.

Agus Titit, salah satu pengurus Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengapreasiasi kebijaksanaan penjabat bupati Tambrauw yang tak ikut terlibat dalam Pilkada 2024 di kabupaten Tambrauw.

Langkah bijak penjabat bupati Tambrauw menurutnya patut diapresiasi seluruh elemen masyarakat Tambrauw.

“Penjabat bupati telah memberikan ruang bagi orang asli Tambrauw untuk bertarung di Pilkada 2024. Oleh sebab itu, kebijakan pak penjabat bupati ini kami sangat mengapresiasinya,” kata Agus saat ditemui di Sorong, Kamis (25/4/2023) malam.

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

Usai tahapan Pilkada diselenggarakan, Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw akan berkoordinasi dengan penjabat bupati Tambrauw untuk merangkul semua pihak dan  deklarasi damai demi mendukung bupati Tambrauw terpilih.

“Kami dari forum siap lakukan rekonsiliasi pasca Pilkada dan mendukung siapapun putra asli Tambrauw yang terpilih nantinya,” ujar Agus.

Terpisah, Boni Hae, koordinator Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw, menegaskan kepada seluruh pimpinan partai politik di kabupaten Tambrauw untuk mengumumkan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati secara terbuka dan transparan kepada publik.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

“Partai politik harus menyampaikan kepada publik tentang batas waktu pendaftaran supaya para bakal calon segera mendaftar karena proses Pilkada sisa beberapa bulan saja,” katanya.

Boni Hae, koordinator Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw. (Reiner Brabar – Suara Papua)

Lanjut Boni, Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengapresiasi beberapa partai politik yang telah membuka proses penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati.

“Terima kasih partai Demokrat, Perindo dan PDI Perjuangan yang sudah menjalankan tahapannya di Tambrauw. Kami forum mengajak beberapa parpol yang masih belum itu harap segera membuka pendaftaran agar para bakal calon segara mendaftar. Forum tetap mengawal tahapan Pilkada di Tambrauw berjalan dengan aman dan damai,” pungkasnya. []

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kerusuhan di Kaledonia Baru: Ketidaknyamanan Mulai Muncul Saat Bala Bantuan Tiba

0
"Pacific Elders' Voice siap membantu dalam mendorong dialog dan kemajuan untuk memastikan penyelesaian situasi yang telah berlangsung lama di Kaledonia Baru, yang mengancam perdamaian dan kemajuannya, serta memastikan keadilan bagi masyarakat Kanaky dalam upaya mereka untuk mendapatkan martabat dan hak asasi manusia."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.