ArsipTapol Papua Harus Dibebaskan

Tapol Papua Harus Dibebaskan

Kamis 2012-07-12 11:04:15

Demikian penegasan Frans Tomoki, aktivis Nasional Solidaritas Papua (NAPAS) ketika ditemui suarapapua.com, Kamis (13/7) di Jakarta.

Menurut Frans, NAPAS bersama beberapa LSM di Jakarta seperti KontraS, KAMPAK Papua telah mendatangi DPR RI di Komisi III, dan telah beraudiensi dengan mereka terkait Tapol di tanah Papua.

"Sekarang tinggal niat baik pemerintah, apakah tetap memenjarakan mereka, atau membebaskan mereka sebab mereka tidak bersalah," tambah Frans.

Beberapa waktu lalu, menyikapi pembebasan Tapol di Papua, Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Jamil, menganggap bila memang dibutuhkan, para tahanan Politik yang mendekam di penjara Papua harus diberi amnesti.

Dikatakan oleh Nasir, hal ini dilakukan sebab hal yang sama juga pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada para Tapol di Aceh di tahun 2006.

Beberapa lembaga hak asasi manusia internasional seperti Amnesty International dan Human Rights Watch (HRW) juga telah meminta agar Tapol di Papua di bebaskan oleh pemerintah Indonesia.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Peduli Demokrasi Kabupaten Yahukimo Desak Pemilu di Dekai Diulang

0
“Beberapa poin kami sudah serahkan kepada Bawaslu. Kami disarankan untuk lengkapi beberapa dokumen. Jadi, dokumen itu kami sudah siap dan akan antar ke Bawalu untuk ditindaklanjuti,” jelas Eklon Amohoso.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.