PartnersIshmael Toroama Terpilih Menjadi Presiden Daerah Otonom Bougainville

Ishmael Toroama Terpilih Menjadi Presiden Daerah Otonom Bougainville

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Ismael Toroama telah dinyatakan sebagai presiden terpilih di Bougainville menyusul proses pemilihan yang dimulai di wilayah otonom Papua Nugini, enam minggu lalu.

Setelah eliminasi ke-23 dan terakhir, Toroama memperoleh 48.766 suara. Namun demikian yang terpenting adalah di bawah sistem pemungutan suara preferensial, mayoritas mutlak yang dibutuhkan turun menjadi 39.728.

Baca Juga:  Polisi Bougainville Berharap Kekerasan di Selatan Mereda

Pastor Simon Dumarinu, mantan menteri kabinet PNG, menempati posisi kedua dengan 30.688 suara.

Pengumuman resmi dilakukan pagi tadi di Hutjena oleh petugas, Peter Wanga, disaksikan oleh Komisioner Pemilu George Manu.

Toroama telah menekankan bahwa pemulihan hukum dan ketertiban adalah prioritas baginya.

Dia juga mengatakan resolusi cepat atas masalah kemerdekaan sangat penting.

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi

Mengenai pembukaan kembali Tambang Panguna, Toroama mengatakan bahwa keputusan sepenuhnya berada di tangan pemilik tanah. (*)

Terkini

Populer Minggu Ini:

DKPP Periksa Dua Komisioner KPU Yahukimo Atas Dugaan Pelanggaran KEPP

0
“Aksi ini untuk mendukung sidang DKPP atas pengaduan Gerats Nepsan selaku peserta seleksi anggota KPU Yahukimo yang haknya dirugikan oleh Timsel pada tahun 2023. Dari semua tahapan pemilihan komisioner KPU hingga kinerjanya kami menilai tidak netral, sehingga kami yang peduli dengan demokrasi melakukan aksi di sini. Kami berharap ada putusan yang adil agar Pilkada besok diselenggarakan oleh komisioner yang netral,” kata Senat Worone Busub, koordinator lapangan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.