PartnersMantan Presiden Bougainville Ingin Kembali Maju Dalam Pemilihan 2022

Mantan Presiden Bougainville Ingin Kembali Maju Dalam Pemilihan 2022

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Mantan presiden Bougainville, John Momis sedang mempertimbangkan untuk maju dalam pemilihan nasional Papua Nugini pada bulan Juni 2022.

Momis, yang menjadi presiden selama sepuluh tahun, ingin mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada tahun 2020, tetapi dilarang oleh pengadilan untuk melakukannya.

Pemilihan sebelumnya dimenangkan gemilang oleh Ismail Toroama, yang merupakan lawan John Momis.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Momis mengatakan dia akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum membuat keputusan apakah akan maju.

Kursi yang paling mungkin baginya untuk bersaing adalah kursi regional, yang saat ini dipegang oleh Peter Tsiamalili. Namun demikian, ada juga kursi bagian utara, bagian tengah dan bagian selatan yang bisa dia pertimbangkan.

Momis, yang berusia 80 tahun tahun itu telah terlibat dalam politik PNG sejak sebelum kemerdekaan, dan merupakan tokoh kunci bersama Hon. Michael Somare dalam menyusun konstitusi PNG.

Baca Juga:  KBRI dan Universitas Nasional Fiji Gelar Seminar Perspektif Kolaborasi yang Lebih Dekat

Dia adalah anggota lama di parlemen nasional, menjabat sebagai menteri kabinet di bawah Hon. Michael dan Hon. Julius Chan.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

JDP: Pemindahan Makam Dortheys Eluay Harus Berpikir Bijak Dengan Kepala Dingin

0
“Saya kira JDP pasti akan ikut mendukung segenap upaya damai yang dilakukan oleh segenap pihak demi menjaga Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan seluruh Tanah Papua agar selalu damai dan tenteram dari hanya sekedar memindahkan makam Pemimpin Besar Rakyat Papua Theys Hiyo Eluay tersebut.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.