PartnersMantan Presiden Bougainville Ingin Kembali Maju Dalam Pemilihan 2022

Mantan Presiden Bougainville Ingin Kembali Maju Dalam Pemilihan 2022

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Mantan presiden Bougainville, John Momis sedang mempertimbangkan untuk maju dalam pemilihan nasional Papua Nugini pada bulan Juni 2022.

Momis, yang menjadi presiden selama sepuluh tahun, ingin mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga pada tahun 2020, tetapi dilarang oleh pengadilan untuk melakukannya.

Pemilihan sebelumnya dimenangkan gemilang oleh Ismail Toroama, yang merupakan lawan John Momis.

Baca Juga:  Asosiasi West Papua Australia Mendesak Prancis Mendengarkan Suara Rakyat Kanak

Momis mengatakan dia akan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum membuat keputusan apakah akan maju.

Kursi yang paling mungkin baginya untuk bersaing adalah kursi regional, yang saat ini dipegang oleh Peter Tsiamalili. Namun demikian, ada juga kursi bagian utara, bagian tengah dan bagian selatan yang bisa dia pertimbangkan.

Momis, yang berusia 80 tahun tahun itu telah terlibat dalam politik PNG sejak sebelum kemerdekaan, dan merupakan tokoh kunci bersama Hon. Michael Somare dalam menyusun konstitusi PNG.

Baca Juga:  Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

Dia adalah anggota lama di parlemen nasional, menjabat sebagai menteri kabinet di bawah Hon. Michael dan Hon. Julius Chan.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

KNPI Intan Jaya Apresiasi Kinerja Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya

0
"Kami memberikan apresiasi karena Pj Bupati Intan Jaya telah melakukan hal-hal luar biasa. Kami akan terus mendukung pemerintah untuk terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Di samping itu kami meminta supaya semua masyarakat mendukung dan sukseskan apa yang sedang pemerintah laksanakan," beber Sani.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.