Menteri Luar Negeri NZ Bertemu PM Baru Kepulauan Solomon Bahas Program Prioritas

0
193

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Menteri Luar Negeri Selandia Baru telah mendarat di Kepulauan Solomon untuk melakukan lawatan pertama di Pasifik, dan bertemu dengan Perdana Menteri yang baru saja terpilih.

RNZ Pacific melaporkan, Winston Peters dan delegasi anggota parlemen telah bertemu dengan Perdana Menteri Jeremiah Manele di Honiara.

Kepulauan Solomon merupakan perhentian pertama dalam tur lima negara di Pasifik minggu ini, yang juga akan mencakup Papua Nugini, Vanuatu, Kaledonia Baru, dan Tuvalu.

Manele, yang telah menjadi menteri luar negeri Kepulauan Solomon sejak 2019, dilantik sebagai Perdana Menteri pada 2 Mei, setelah pengunduran diri Manasseh Sogavare.

Baca Juga:  Angkatan Bersenjata Selandia Baru Tiba di Honiara Guna Mendukung Demokrasi Pemilu Solomon

Peters mengatakan bahwa delegasi tersebut telah mengucapkan selamat kepada pemerintah baru, dan merasa terhormat untuk bertemu dengan Perdana Menteri baru dan anggota Kabinetnya selama 10 hari pertama pemerintahan.

ads

“Kunjungan yang masih sangat awal ini mencerminkan hubungan yang mendalam dan telah berlangsung lama yang kami jalin, berdasarkan rasa saling menghormati dan nilai-nilai yang sama.”

Peters mengindikasikan bahwa kunjungan ini akan menjadi yang pertama dari serangkaian keterlibatan tingkat tinggi antara Selandia Baru dan Kepulauan Solomon tahun ini, termasuk kunjungan lebih lanjut, dan undangan untuk menjadi tuan rumah bagi Manele di Selandia Baru.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

“Pertemuan ini merupakan kesempatan yang disambut baik untuk membahas prioritas pemerintah baru Kepulauan Solomon untuk 100 hari pertama masa jabatannya, dan kemitraan pembangunan Selandia Baru dengan Kepulauan Solomon yang mencakup bidang-bidang prioritas termasuk infrastruktur penting, pendidikan, tata kelola pemerintahan, dan reformasi ekonomi,” ujarnya.

Peters memimpin delegasi anggota parlemen, termasuk Menteri Kesehatan dan Menteri Masyarakat Pasifik Dr Shane Reti, Menteri Perubahan Iklim Simon Watts, ketua komite Urusan Luar Negeri, Pertahanan dan Perdagangan Parlemen Tim van de Molen, dan juru bicara urusan luar negeri Partai Buruh David Parker.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Delegasi ini juga akan mengunjungi Papua Nugini, Vanuatu, Kaledonia Baru, dan Tuvalu dalam beberapa hari mendatang.

SUMBERRadio New Zealand
Artikel sebelumnyaJDP: Pemindahan Makam Dortheys Eluay Harus Berpikir Bijak Dengan Kepala Dingin
Artikel berikutnyaBREAKING NEWS: 10 Kantor OPD di Kabupaten Sorong Dipalang