PartnersBencana Longsor di PNG: Komunitas yang Dulunya Ramai, Kini Tinggal 'Tumpukan Batu'

Bencana Longsor di PNG: Komunitas yang Dulunya Ramai, Kini Tinggal ‘Tumpukan Batu’

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Tanah longsor tersebut “masih sangat aktif” dan orang-orang sedang menunggu perintah evakuasi sambil mencari anggota keluarga mereka di bawah reruntuhan longsor.

Ribuan orang yang berada di dekat lokasi tanah longsor besar di Papua Nugini telah diperintahkan untuk bersiap-siap mengungsi jika terjadi tanah longsor susulan.

Daerah ini merupakan rumah bagi hampir 8000 orang, 2000 di antaranya diperkirakan terkubur hidup-hidup pada hari Jumat ketika longsor itu melanda daerah tersebut.

Beberapa orang di daerah yang paling berisiko tinggi telah dievakuasi, kata ketua komite bencana provinsi Enga dan administrator provinsi Sandis Tsaka kepada RNZ Pacific

Ia mengatakan bahwa segala upaya pemulihan telah dihentikan sementara orang-orang dievakuasi.

Tsaka, yang telah dua kali berada di lokasi bencana, mengatakan bahwa tanah longsor “masih sangat aktif dan terus berlangsung”.

Dia mengatakan bahwa suara pecahan batu terdengar seperti bom atau tembakan.

“Sangat mengerikan, sangat menakutkan. Apa yang dulunya merupakan area komunitas yang padat dengan kehidupan yang berlimpah dengan sekolah dan anak-anak sekarang terlihat seperti permukaan bulan, tumpukan batu.”

Baca Juga:  Aliansi LSM Pasifik Mengutuk Prancis Atas 'Pengkhianatan Terhadap Penduduk Kanaky'

“Sangat menyedihkan, ini adalah tingkat kehancuran yang belum pernah kita lihat di bagian dunia ini.”

Jalan raya utama yang terblokir dan kondisi operasional yang berbahaya telah mencegah alat berat untuk digunakan di lokasi tersebut. Sehingga penduduk desa setempat telah berusaha untuk menyelamatkan orang-orang yang mereka cintai dengan tangan kosong.

Kata Tsaka, Lima mayat telah ditemukan dan satu anggota tubuh dari orang keenam dalam empat hari sejak tanah longsor.

Dia mengatakan bahwa dia sadar akan bahaya kesehatan lebih lanjut saat mayat membusuk, jadi waktu adalah hal yang penting.

Keadaan darurat telah diumumkan untuk area bencana dan militer telah mengambil alih kendali.

Tsaka mengatakan bahwa militer tidak hanya menyediakan keamanan, tetapi juga memimpin pekerjaan darurat dengan batalion teknik, pemadam kebakaran, polisi dan tim medis darurat.

“Mereka bekerja untuk memindahkan orang-orang ke dua pusat perawatan bagi para pengungsi.”

Tsaka mengatakan bahwa penduduk desa merasa frustrasi karena mereka dipindahkan dan pemulihan telah dihentikan.

“Mereka ingin mendapatkan kembali anggota keluarga dan jenazah yang hilang, sehingga mereka dapat melakukan pemakaman yang layak sesuai tradisil, tetapi kami menyadari risiko yang mereka hadapi.”

Baca Juga:  Human Rights Monitor Update Pengungsian Ribuan Warga Bibida Kabupaten Paniai

“Mereka memahami situasinya. Kami telah terlibat dengan mereka setiap hari saat kami menyediakan bantuan, medis, serta makanan dan minuman. Kami berbicara dengan mereka tentang tantangan yang kita semua hadapi saat kita bekerja untuk menemukan jenazah.”

Perwakilan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) di Papua Nugini, Nicholas Booth, mengatakan bahwa ini merupakan “situasi yang menyedihkan dan sulit”.

“Ini adalah situasi yang sangat rumit karena tanah longsor masih bergerak di medan,” kata Booth.

Jalan raya utama yang terblokir dan kondisi operasional yang berbahaya telah mencegah alat berat untuk digunakan di lokasi yang berarti penduduk desa setempat telah mencoba untuk menemukan orang-orang yang dicintai dengan tangan kosong. (Juho Valta dengan UNDP Papua Nugini)

“Tidak aman bagi semua orang di sana, tetapi juga tidak aman bagi para petugas penyelamat dan membuat mereka kesulitan untuk melakukan hal yang menjadi prioritas mendesak berikutnya, yaitu membawa alat berat ke lokasi untuk mulai memindahkan reruntuhan dan puing-puing.”

Booth mengatakan bahwa tanah longsor tersebut telah menutup sekitar 150 meter dari jalan yang telah menutup akses desa ke Porgera – sekitar 60 km.

“Dampaknya selain 8.000-an orang yang terkena dampak langsung dari tanah longsor ini, ada 30.000 atau 40.000 orang lainnya yang tinggal di sepanjang jalan menuju Porgera.”

Baca Juga:  Presiden Prancis: Perdamaian, Ketenangan dan Keamanan di Kaledonia Baru Adalah Menjadi Prioritas

Booth mengatakan bahwa ada cukup persediaan untuk beberapa minggu, namun memindahkan jalan telah menjadi prioritas utama.

“Ini adalah tanah longsor yang sangat sulit, operasi yang sangat sulit.”

Booth mengatakan bahwa makanan dan air bersih merupakan kebutuhan utama bagi semua orang di lokasi bencana.

“Setelah itu, saya rasa kebutuhan berikutnya adalah tempat tinggal, persediaan medis, pakaian dan dukungan psikososial, karena setiap orang di daerah tersebut mengalami trauma.”

Sementara itu, sebuah pernyataan bersama dari Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters dan Menteri Pertahanan Judith Collins mengatakan bahwa Selandia Baru menawarkan bantuan senilai NZ$1,5 juta.

Pernyataan tersebut mengatakan Selandia Baru akan mengerahkan pesawat C-130 Angkatan Pertahanan Selandia Baru yang membawa pasokan bantuan, bersama dengan keahlian teknis Selandia Baru untuk membantu tetapi juga bantuan keuangan.

“Sejak mengetahui adanya tanah longsor yang menghebohkan pada hari Jumat, Selandia Baru telah bertekad untuk memainkan peran kami membantu Papua Nugini,” kata Peters.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pendiri WikilLeaks, Julian Assange Bebas Setelah Mengaku Bersalah Atas Tuduhan Spionase...

0
"Kami mencoba berbicara dengannya agar dia melihat ke arah kamera tapi dia tidak mengenali kami. Saya pikir dia tahu bahwa ada hiruk-pikuk media di luar sehingga dia keluar melalui pintu belakang."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.