ArsipYFP : Pemberitaan Soal Remaja Harus Berimbang

YFP : Pemberitaan Soal Remaja Harus Berimbang

Rabu 2013-04-10 15:26:15

PAPUAN, Jayapura— Pemberitaan soal remaja di media massa harus berimbang, dalam pemberitaan jangan selalu remaja yang disalahkan, karena akan berdampak buruk kedepannya.

Demikian dikatakan Muamar Karim, Koordinator Youth Forum Papua (YPF) kepada suarapapua.com, (10/4/2013) pagi ketika dihubungi melalui telepon selularnya di Jayapura, Papua.

"Kami meminta peran jurnalis agar ikut mengambil andil dalam perjuangan pemenuhan Hak Kesehatan Sexual dan Kesehatan Reproduksi Remaja (HKSR) melalui tulisan-tulisan dalam pemberitaan di media masa," harap Karim.

Karim melihat, banyak media yang selalu memberitakan persoalan remaja tanpa memperhatikan dampai buruk, seperti berita aborsi, pemerkosaan, serta persoalan lainnya yang seharusnya tidak boleh di ekspos secara terbuka.

“Yang seharusnya dilakukan adalah mencaritahu penyebab para remaja pada umumnya yang melakukan tindakan-tindakan yang merusak kesehatan reproduksi mereka. Dan ikut mencari solusi yang baik untuk mengatasi dan meminimalisir gangguan kesehatan reproduksi pada remaja di Papua ini," tegas Karim lagi.

Sementara itu, Linda Noya, bendahara YPF  juga mengharapkan agar para jurnalis ikut mengambil peran dalam pemberitaan soal remaja karena media memegang peran yang sangat penting dan punya pengaruh yang besar.

"Harapan kami, berita tentang persoalan remaja dapat diberitakan secara imbang, objektif, tanpa terus menyalahkan mereka," tegas Linda.

Sekedar informasi, Youth Forum Papua di deklarasikan pada 18 November 2012 di Jayapura, dengan program kerja terkait masalah kesehatan reproduksi remaja di tanah Papua.

YPF juga sedang memperisiapkan kegiatan seni dan tari yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang di Kabupaten Keerom, Papua.

ARNOLD  BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.