ArsipKNPB: Rakyat West Papua Mendukung PIF!

KNPB: Rakyat West Papua Mendukung PIF!

Selasa 2015-09-08 01:24:16

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menyatakan mendukung pertemuan Pasific Island Forum (PIF) di Papua Nugini (PNG) untuk membahas persoalan West Papua di tingkat Internasional.

Wakil Ketua I Badan Pengurus Pusat (BPP KNPB), Agus Kosay mengatakan, pertemuan PIF sangat penting karena bicara mengenai nasib West Papua serta mendesak hadirnya tim pencari fakta di Tanah Papua.

“Kami masyarakat Papua Barat sangat mendukung penuh untuk membahas masalah West Papua di PIF yang sementara ini berlangsung di PNG agar masalah Papua dibahas di pertemuan internasional itu melalui ULMWP, dan harus membentuk tim pencari fakta di Tanah Papua,” ujar Agus saat berorasi di depan gapura Uncen, Waena, Jayapura, Senin (7/9/2015) siang.

Menurutnya, berbagai permasalahan termasuk kasus-kasus pelanggaran HAM di Tanah Papua selama ini tidak pernah dibahas dan didiamkan begitu saja hampir 54 tahun sejak Indonesia menguasai West Papua.

“Maka, kini saatnya akan dibahas di tingkat internasional melalui Uniteld Liberation Movement for West Papua (ULMWP) yaitu pada pertemuan PIF yang saat ini berlangsung di PNG dan hasilnya akan kami dengarkan minggu depan,” tuturnya disambut tepuk tangan massa aksi.

Juru Bicara KNPB Pusat Bazoka Logo dalam orasinya menegaskan posisi West Papua bagian dari pulau-pulau yang tergabung dalam Pasifik, sehingga masalah West Papua layak dibahas dalam PIF.

“Dalam pertemuan PIF masalah West Papua harus dibahas supaya kami selamat dari ancaman kolonialis Indonesia,” ujar Bazoka.

Perjuangan hari ini, kata dia, sangat menentukan masa depan Papua Barat. Berjuang untuk selamatkan semua kekayaan alam, termasuk orang asli West Papua.

“Kami tidak mau kalau kami dimusnahkan oleh kolonialis bernama Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI),” tegasnya.

Lebih lanjut diungkapkan, “Saat ini bangsa West Papua sedang berjuang melawan negara, melawan sistem kolonialisme Indonesia dan korporasi asing yang merupakan akar dari kejahatan kemanusiaan yang terus terjadi di Tanah Papua ini.”

KNPB dalam pernyataan sikapnya menegaskan komitmen perjuangan mulia yang terus dilakukan demi kepentingan masa depan West Papua.

“Rakyat West Papua saat ini bersatu untuk mendukung sidang yang dimulai hari ini (7/9/2015). Dukungan rakyat kepada ULMWP yang akan membawa aspirasi rakyat West Papua pada sidang PIF sangat bermanfaat bagi bangsa West Papua,” tegasnya.

 

Editor: Mary

ARDI BAYAGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Warga Vanuatu Minta Perlakuan Adil Saat Dirawat di VCH

0
“Oleh karena itu, pemerintah harus memperhatikan keadaan anak ini terlepas dari pulau asal atau provinsi tempat tinggalnya,” kata Anne Pakoa, aktivis Hak Asasi Manusia.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.