ArsipMahasiswa Semester V Stikom Praktik Fotografi di Alam Terbuka

Mahasiswa Semester V Stikom Praktik Fotografi di Alam Terbuka

Sabtu 2014-10-18 19:52:30

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Mempraktekan teori fotografi yang diperoleh di ruang kuliah, mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Muhammadiyah Jayapura, Sabtu (18/10/2014) sore, melakukan praktek pemotretan di alam terbuka.

Kegiatan praktek fotografi bagi 30 orang mahasiswa semester V itu didampingi dosen Fotografi Jurnalistik, Rhydian Yasmin Wasaraka. Mereka latihan langsung di lapangan Trikora, Abepura, Jayapura.

 

Menurut Wasaraka, mahasiswa Jurusan Jurnalistik harus banyak turun lapangan untuk membiasakan diri mendapat momen tepat yang layak dipublikasikan.

 

“Sesuai kesepakatan minggu lalu, maka hari ini kami turun ke lapangan terbuka ini untuk praktek bagaimana cara menjadi seorang fotografer yang baik,” kata Wasaraka kepada suarapapua.com di Lapangan Trikora Abepura, sore tadi.

 

Lanjut dia, seorang wartawan maupun fotografer butuh keahlian khusus untuk mendapat gambar pendukung berita. Karena itu, peserta fotografi selanjutnya diarahkan untuk memotret dan mewawancarai pelatih sepak bola.

 

Ibu dosen menantang para mahasiswanya untuk harus bisa mendapat hasil potretan yang layak diekspos. “Jika mau memotret pemain bola ketika kamu jadi wartawan, pemain itu selalu bergerak di lapangan hijau, maka harus atur pengaturan kameranya dulu,” nasehati Wasaraka kepada para mahasiswanya.

 

Beberapa cara memotret pemain di lapangan hijau pun dijelaskan, selain teknik fotografi lainnya. “Teori kan sudah mereka dapat, sekarang harus bisa praktek,” ujarnya lagi.

 

Salah satu mahasiswa praktek fotografi, Loka Kogoya mengaku sangat senang mendapat arahan Ibu Wasaraka dalam kegiatan latihan pemotretan sore ini.

 

“Walaupun kamera terbatas, ada banyak hal yang saya mengerti setelah ikut praktek ini,” kata Kogoya.

 

Ia berharap, kegiatan praktek harus juga diadakan pada mata kuliah Depth Reporting dan Investigation, juga Teknik Menulis Artikel, agar ada gambaran yang jelas bagi mahasiswa, apalagi jika usai studi memilih profesi wartawan.

 

“Teori harus dilengkapi dengan praktek di lapangan, supaya mahasiswa mendapat gambaran dan coba diterapkan, karena di Jayapura sudah ada banyak media massa, baik media cetak, elektronik maupun media online,” tuturnya.

 

Editor: Mary

 

ARDI BAYAGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

0
“Hampir setiap hari babi-babi mati akibat terpapar virus ASF, sehingga kandangnya harus disterilkan untuk mencegah penularan lebih lanjut. Vaksinnya memang belum ada. Jadi, upaya memutus mata rantai penyebaran virus ASF di kabupaten Mimika harus terus dilakukan. Dan, itu yang kami dorong kepada para peternak agar harus berperan aktif,” kata drh. Sabelina Fitriani.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.