ArsipPastikan Lolos ke 8 Besar ISL, Persipura Fokus AFC

Pastikan Lolos ke 8 Besar ISL, Persipura Fokus AFC

Senin 2014-08-11 23:47:15

PAPUAN, Jayapura — Dua kali raih kemenangan beruntun Persipura Jayapura di lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 pasca libur Lebaran, menahbiskan dirinya sebagai tim pertama dari Wilayah Timur yang lolos ke babak 8 besar.

Penentuan ini setelah Boaz TE Solossa Dkk meraih poin penuh saat bertanding di kandang Persiba Balikpapan, Senin (11/8/2014) sore. Di laga ini, dua gol disarangkan ke gawang tuan rumah, masing-masing melalui striker lincah, Ferinando Yohanes Pahabol dan Titus Tibo Bonay.

 

Sebelumnya, kemenangan telak juga diraih tim berjuluk “Mutiara Hitam” di kandangnya sendiri, stadion Mandala Jayapura, mengalahkan Putra Samarinda, 2-0, Kamis 7 Agustus lalu.

 

Bertanding di stadion Parkesit Balikpapan, Persipura sempat tertinggal oleh tuan rumah setelah gol dari Pape Ndiaye Latyr pada menit 66. Lima menit kemudian, Pahabol berhasil menggetarkan jala lawan.

 

Skor imbang, pertandingan terus berlangsung dalam tempo tinggi. Beruntung bagi tim asuhan Jacksen F Tiago, karena bola penalti di injury time mampu dimaksimalkan Tibo. Tendangannya dari titik putih pada menit 86 sukses membawa Persipura unggul 2-1.

 

Memanfaatkan sisa waktu, pemain Persiba terus menggempur lini pertahanan yang dipimpin Yohanis Tjoe. Namun, perjuangan M Kamri Dkk tak berhasil. Skor akhir 2-1 bertahan hingga babak kedua usai.

 

Kemenangan ini lantas mendongkrak Persipura bertengger di pemuncak klasemen sementara Wilayah Timur. Boaz Dkk juga memastikan satu tiket di 8 besar ISL 2014, meski masih ada 4 pertandingan lagi.

 

“Puji Tuhan, hari ini kami menang 2-1 atas Persiba Balikpapan. Terima kasih atas dukungan dan doa dari semua pihak buat tim Persipura,” demikian Jacksen melalui pesan singkat, usai pertandingan.

 

Meski pada laga sore tadi tak diperkuat striker mungil, Lukas Mandowen, gelandang energik, Imanuel Wanggai dan sang ‘benteng’ Bio Paulin Pierre, bagi Tiago, Persipura tetap sebuah tim utuh tanpa bertumpu pada satu atau dua pemain saja.

 

“Persipura menganut sistem kolektivitas tim. Semua pemain kita sudah profesional, yang siap pasti dimainkan dan apapun hasilnya di lapangan hijau patut disyukuri,” ujarnya.

 

Sukses ‘bungkus’ poin 35, menggeser posisi pesaingnya Mitra Kukar, tim Persipura kini mesti fokus ke AFC Cup 2014.

 

“Benar, kita setelah dari Balikpapan, istirahatnya cuma sebentar saja karena sudah harus konsentrasi lagi untuk pertandingan di AFC,” kata pelatih asal Brasil ini.

 

Terjadwal, Selasa 19 Agustus mendatang, Persipura akan ditantang Kuwait SC.

 

MARY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Jurnalis Senior Ini Resmi Menjabat Komisaris PT KBI

0
Kendati sibuk dengan jabatan komisaris BUMN, dunia jurnalistik dan teater tak pernah benar-benar ia tinggalkan. Hingga kini, ia tetap berkontribusi sebagai penulis buku dan penulis artikel di berbagai platform media online.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.