ArsipKapolres Jayawijaya Klarifikasi Kasus Pembunuhan Warga Gamelia dan Bolakme

Kapolres Jayawijaya Klarifikasi Kasus Pembunuhan Warga Gamelia dan Bolakme

Selasa 2016-01-12 09:53:56

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Kapolres Jayawijaya, AKBP. Semmy Ronny TH Abaa mengatakan, kasus pembunuhan antara warga Gameli dan Bolakme yang terjadi beberapa hari lalu sudah diselesaikan secara hukum adat.

“Persoalan antara warga ini, pada hari Senin tanggal 10 Januari lalu, Wakil Kapolsek Kota Wamena bersama Wakapolres Jayawijaya sudah saya perintahkan untuk panggil para tokoh masyarakat dari distrik Gamelia Kabuten Lany Jaya dan masyarakat Distrik Bolakme Kabupaten Jayawijaya,” jelas Kapolres kepada wartawan usai pembukaan Sidang Paripura ke-I DPRD Kabupaten Jayawijaya, Selasa (12/1/2016).

Kata Kapolres Semmy, pihaknya telah melakukan sejumlah tahapan.

“Pihak kepolisian lakukan mediasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa persoalan ini dapat diselesaikan secara budaya tanpa mengabaikan hukum positif,” jelasnya.

Pertemuan dalam rangka proses penyelesaiannya berlangsung pada Rabu (30/12/2015).

Kapolres menghimbau agar tidak boleh lagi jatuh korban, sebab jika itu terjadi, tentunya akan menambahkan persoalan baru.

“Harapannya seperti itu, sebab kalau ada korban, jelas itu muncul persoalan baru, laporan polisi baru dan proses hukumnya juga tersendiri,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pada tanggal 10 Januari 2016, masing-masing pihak sudah sepakat menahan diri dan mereka minta waktu untuk besaran denda (Wam).

Hal ini karena masyarakat di Lembah dan Gamelia belum ada aturan yang mengikat mengenai standar denda Wam yang jelas untuk jumlah maksimal dan minimal, juga jumlah uangnya.

“Kemarin lewat Pak Wakapolres, mereka sudah diberikan waktu untuk diskusikan dulu di masing-masing kelompok. Kemudian, satu dua hari kita akan kumpulkan kembali untuk mendengarkan hasil pertemuan dari keluarga itu,” jelas Kapolres Jayawijaya.

Editor: Mary

DIUS KOGOYA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Deiyai Siap Digelar

0
“Pleno tingkat distrik sudah selesai semuanya. Terakhir hari ini, PPD Tigi Timur sudah selesaikan pleno rekapitulasi suara tingkat distrik. Lima distrik semuanya tuntas. Setelah ini, nanti lusa, hari Minggu, kita akan selenggarakan pleno tingkat kabupaten,” kata Yulianus Mote, ketua KPU kabupaten Deiyai, Sabtu (2/3/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.