ArsipKPU Yalimo Gelar Bimtek Simulasi Pengisian Perolehan Suara

KPU Yalimo Gelar Bimtek Simulasi Pengisian Perolehan Suara

Sabtu 2015-11-28 10:03:59

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Mengingat pentingnya peran Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dalam mengendalikan PPS dan KPPS pada pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Wamena.

Ketua KPU Kabupaten Yalimo, Yanes Alitnoe kepada suarapapua.com mengatakan, baru-baru ini pihaknya sudah adakan Bimtek, namun kegiatan sama kembali dilakukan karena pentingnya peran PPD.

“Bimtek ini kami adakan supaya PPD benar-benar memahami dan mengerti untuk bisa mengendalikan PPS dan KPPS saat pemilihan nanti sesuai prosedur. Jadi, hari ini kami berikan Bimtek dan simulasi tata cara pengisian perolehan suara dari masing-masing calon,” kata Yanes siang tadi, Sabtu (28/11/2015).

Selain itu, supaya proses pemilihan bisa berjalan terbuka dan transparan, ia meminta kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati menyiapkan saksi sesuai 302 TPS yang ada di Kabupaten Yalimo.

Menurutnya, saksi yang disiapkan pasangan calon bupati dan wakil bupati harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Mereka harus diberi Bimtek dari calon bupati dan wakil yang ada, termasuk memberikan surat mandat kepada mereka, supaya proses berjalan baik dan hasil ditetapkan bisa terbuka dengan melihat unsur demokrasi. Jadi, mereka harus lengkapi syarat, artinya mereka lengkapi kewajiban dan hak mereka diberikan,” tutur Yanes.

Ia juga berharap, PPD, PPS dan KPPS untuk kerja sesuai prosedur mekanisme dan petunjuk teknis yang ada.

“Ingat, kalian bukan tim sukses calon bupati dan wakil bupati. Kalian adalah penyelenggara. Kerja harus secara mandiri dan tidak boleh mendengar omongan orang lain,” tegasnya.

Yanes juga menyarankan kepada PPD sebagai generasi Yalimo agar bersama-sama ciptakan demokrasi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai penyelenggara Pemilu, supaya melihat hasilnya yang baik kedepan.

Anggota PPD yang hadir mengikuti kegiatan Bimtek sebanyak 25 orang bersama sekretaris PPD dari lima distrik di Kabupaten Yalimo.

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Keputusan Berbagai Pihak Mengatasi Pertikaian Dua Kelompok Massa di Nabire

0
Pemerintah daerah sigap merespons kasus pertikaian dua kelompok massa di Wadio kampung Gerbang Sadu, distrik Nabire, Papua Tengah, yang terjadi akhir pekan lalu, dengan menggelar pertemuan dihadiri berbagai pihak terkait di aula Wicaksana Laghawa Mapolres Nabire, Senin (29/4/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.