ArsipWP3 dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Untuk Wartawan

WP3 dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Untuk Wartawan

PAPUAN, Jayapura—- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua bekerja sama dengan Wartawan Papua Peduli Pemilu (WP3) telah gelar sosialisasi pengawasan pemilihan umum untuk media massa baik media cetak, online maupun elektronik. Kegiatan ini berlangsung di pada Kamis (6/3/2014) di Hotel Aston, Jayapura, Papua.

Aprila Wayar, Koordiantor Wartawan Papua Peduli Pemilu menjelaskan, WP3 dibentuk oleh Bawaslu RI pada Desember 2013 untuk merangkul media dalam pengawasan Pemilu 2014. Dengan maksud ahar wartawan memiliki wawasan yang cukup terkait Pemilu maupun regulasi yang mengatur proses pelaksanaan Pemilu.

Untuk ituWP3 bersama Bawaslu menggelar workshop ini untuk menjawab persoalan tersebut. “Melalui berbagai pertemuan yang dilakukan antara WP3 dan Bawaslu sejak bulan januari 2014 workshop dapat terlaksan ahari ini, Kamis (6/3/2014) mengingat pentingnya peran media yang independen dalam proses pengawasan pemilu ini demi suksesnya pesat demokrasi besar yang akan diselenggarakan negara ini,” katanya.

Lanjut perempuan kelahiran Wamena ini, tujuan diadakannya workshop ini adalah pertama agar jurnalis dapat lebih memahami pemahaman undang-undang kepemiluan agar dalam proses peliputan pada pemilu nanti dapat tetap mengacu pada regulasi tersebut dengan tetap berpegang pada kode etik jurnalis. Dan yang kedua adalah untuk membantu bawaslu Papua mengawasi pemilu 2014 diprovinsi Papua.

Sementara itu, ketua Bawaslu provinsi Papua, Pdt. Robert Y. Horik mengatakan pihaknya sangat membutuhkan peran dari wartawan untuk membantu kinerja Bawaslu dalam pemilu nanti dalam mengawasi jalannya pemilu. “Kami sangat membutuhkan peran dari teman-teman wartawan dalam pengawasan terhadap jalannya pemilu ini. Dan itu terbuka untuk media,” Pungkasnya.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Papua, Pdt.Robert Y. Horik, KPU Provinsi Papua yang diwakili oleh Tarwinto, S.Pd, M.Si., Ketua Aliansi Jurnalis Independen Papua, Viktorlaus Mambor, Pakar Hukum Tata Negara, Latifah Anum Siregar, SH., dan tiga puluhan wartawan dari media cetak, online maupun wartawan elektronik yang ada di Jayapura.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemerintah dan Komnas HAM Turut Melanggar Hak 8.300 Buruh Moker PTFT

0
omnas HAM Republik Indonesia segera memediasikan persoalan antara 8.300 buruh dengan manajemen PTFI sesuai ketentuan Pasal 89 ayat (4), UU No. 39 Tahun 1999;

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.