ArsipTingkatkan Mutu Pendidikan, STAK Nabire Buka Program Magister

Tingkatkan Mutu Pendidikan, STAK Nabire Buka Program Magister

Senin 2014-10-13 12:42:15

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Walau baru berusia dua tahun, namun Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire semakin “tancap” gas, yakni dengan membuka Program Magister atau Pascasarjana.

“STAK baru berdiri pada tahun 2012, dan baru mewisudakan mahasiswa satu kali, namun kami akan membuka program magister,” ujar Ketua STAK, Pdt. Dr. Yance Nawipa, kepada suarapapua.com, di Enarotali, Paniai, Senin (13/10/2014) pagi.

 

Menurut Yance, program magister ini akan bekerja sama dengan Kampus Sekolah Tinggi Teologia di Jakarta, dan telah mendapat ijin resmi dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi untuk dibuka di Nabire.

 

Menurutnya, program magister yang akan dibuka dengan tiga jurusan, yakni, Study Magister Teologia (M.Th), Program Study Magister Pendidikan Agama Kristen (M.PdK) dan Program Study Magister Kepemimpinan Kristen (M.Tk), yang juga telah mendapat ijjin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

“Tujuannya memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya, Puncak Papua dan Puncak Jaya untuk meningkatkan kapasitas mereka.”

 

Dikatakan, program magister dibuka juga untuk membantu pemerintah dalam usaha mencapai pembangunan nasional, yakni, pembagunan manusia seutuhnya dan mempersiapkan para pemimpin masa depan gereja, masyarakat, dan bangsa.

 

Selama ini, lanjut Yance, STAK juga telah bekerja sama dengan Yayasan Pengembangan Almembert (YPA) Papua, dan telah mendapatkan rekomendasi resmi dari Bupati Kabupaten Nabire.

Sementara itu, pendeta Alman Manik, salah satu staf dosen STAK Nabire mengungkapkan, dengan hadirinya program magister, mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi tidak perlu lagi keluar Nabire.

 

“STAK Nabire telah terakreditasi dan mendapatkan ijin beroperasi dari Kementerian Agama Republik Indonesia dengan surat keputusan nomor DJ.III/Kep/HK.00/120/2013. DJ.III/Kep/HK.005/110/2013,” tegasnya.

 

Terkait tenaga pengajar, ia menjelaskan, untuk tenaga Dosen Magister terdapat 12 orang, sedangkan untuk strata satu terdiri dari 18 dosen tetap.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

MIKHA GOBAY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Sebanyak 127 Peserta Memulai Program Pelatihan di Institut Pertambangan Nemangkawi

0
"Program ini dirancang untuk memberikan siswa pengalaman praktis yang mendalam dan keterampilan teknis yang dibutuhkan untuk sukses dalam industri pertambangan," kata IPN General Superintendent Suzan Kambuaya selaku Penanggung Jawab Program.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.