ArsipPanglima TPN/OPM Bantah Ada Anggotanya Yang Tewas Tertembak

Panglima TPN/OPM Bantah Ada Anggotanya Yang Tewas Tertembak

Minggu 2014-08-03 02:00:00

PAPUAN, Jayapura — Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) Wilayah La-Pago, Okiman Purom Wenda membantah pernyataan Panglima Kodam XVII/Cenderawasih yang menyebutkan lima anggota TPN/OPM tewas tertembak di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua.

“Pernyataan Pangdam XVII/Cenderawasih di media itu omong kosong besar. Tidak ada anggota yang tertembak dalam operasi militer yang dilakukan aparat TNI/Polri secara brutal,” kata Purom, saat menghubungi suarapapua.com, via telepon seluler, Minggu (03/8/2014) siang, dari Markas TPN-PB di Lanny Jaya.

 

Menurutnya, justru yang menjadi korban dari aksi operasi militer yang dilancarkan aparat TNI/Polri adalah warga sipil di Lanny Jaya, khususnya yang berada di Distrik Pirime, Kampung Nambume.

 

“Kalau ada anggota TPN/OPM yang tewas tertembak, dan saya bilang tidak ada, maka kami akan kalah dalam medan perang. Ini hari Minggu, dan saya tidak mungkin tipu. Memang ada anggota TPN/OPM anak usia 15 tahun yang kena, tapi itu hanya lecet di kaki, dan sekarang dia sudah sembuh dan kembali ke medan perang,” jelas Purom.

 

Dikatakan, walaupun aparat TNI/Polri diturunkan dengan kekuataan penuh, namun karena alam dan Tuhan Bangsa Papua tidak menghendakinya, sehingga sejauh ini tidak ada anggota TPN/OPM yang menjadi korban.

 

“Kalau ada warga sipil yang ditangkap di rumah-rumah, dan dapat tembak dari aparat, kemudian diberitakan itu anggota TPN/OPM, maka mungkin saja itu terjadi, tapi sebaiknya aparat hentikan pembohongan publik,” tegasnya lagi.

 

Purom berharap kepada aparat keamanan, jika melakukan operasi militer, tidak mengorbankan warga sipil, juga membakar gereja-gereja dan honai-honai adat milik masyarakat.

 

“Kalau Honai-Honai adat memang sudah dibakar oleh aparat TNI/Polri sejak tanggal 28 lalu. Ribuan warga telah mengungsi, ini yang kami sayangkan, kenapa pemerintah tutup mata dan tidak memperhatikan masyarakatnya, dan mendukung operasi militer yang dilakukan TNI/Polri,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal (TNI) Christian Zebua mengatakan, baku tembak antara TNI dan TPN/OPM di Distrik Pirime, Lanny Jaya, Jumat (01/08/14) sekitar pukul 11.00 WIT, telah mengakibatkan lima anggota kelompok bersenjata tewas.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

AMAN Sorong Malamoi Gelar Musdat III di Wonosobo

0
“Kita harus berkomitmen untuk jaga dan lindungi tanah adat untuk keberlanjutan hidup generasi kita,” kata Yulius kepada suarapapua.com pada 30 April 2024.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.