ArsipJokowi-JK Raup 93% Suara di Pegunungan Bintang

Jokowi-JK Raup 93% Suara di Pegunungan Bintang

Jumat 2014-07-18 10:12:15

PAPUAN, Jayapura — Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut dua, Joko Widodo – Jusuf Kalla meraih suara terbanyak di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dengan jumlah perolehan suara 84.149 suara.

Sedangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto – Hatta Rajasa, meraih suara sebanyak 5.502 suara. 

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pegunungan Bintang, Saman Kristoforus Uropmabin kepada wartawan di Jayapura mengatakan, hasil tersebut diketahui usai pleno tingkat Kabupaten.

 

"Kami menyelenggarakan pleno pada hari Rabu, tanggal 16 Juli 2014 lalu di Oksibil. Pasangan nomor urut dua meraih suara terbanyak atau 93 persen," katanya, kepada media.

 

Ia mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap di Pegunungan Bintang sebanyak  89.682 orang, dan yang melakukan pencoblosan sebanyak 89.651 orang.

 

"Sementara pasangan nomor urut satu hanya meraih 5.502 suara, sedangkan 31 suara lainnya tidak sah, karena tidak ada yang mencoblos sehingga dicoret," katanya, di dampingi Metodius Uropmabin, anggota KPUD Divisi Logistik dan Keuangan.

 

Menurutnya, rapat pleno rekapitulasi  berjalan dengan aman dan lancar, dihadiri oleh Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Yunus Wally, Plt Sekda Bartol Paragaye, ketua Panwas Donatus Kasibdana, dan saksi pasangan Capres nomor urut dua, Wellem Walam.

 

"Semua hadir kecuali saksi Capres nomor urut satu yang tidak terlihat. Dan hasil pleno sudah disahkan sesuai aturan," katanya.

 

Disampaikan juga, rapat pleno tersebut dilaksanakan di Gedung Soskat Paroki Roh Kudus, Kampung Mabilabol, Oksibil, dengan penjagaan ketat aparat Brimob  dan kepolisian setempat.

 

"Hari ini kami sedang menunggu jadwal untuk pleno di tingkat KPU provinsi yang dilaksanakan di gedung Infokom lantai tiga Provinsi Papua," katanya

LINCOLD ALVI

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.