ArsipProf. DR. Yohana Susana Yambise Masuk Dalam Kabinet Jokowi-JK

Prof. DR. Yohana Susana Yambise Masuk Dalam Kabinet Jokowi-JK

Minggu 2014-10-26 19:27:00

JAKARTA, SUARAPAPUA.com — Salah satu menteri dari perwakilan Papua dalam kabinet Jokowi-JK adalah Prof. DR. Yohana Susana Yambise. Ia dipercayakan sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, yang akan dilantik, Senin besok di Istana Negara, Jakarta.

Wanita asal Biak kelahiran Manokwari, 1 Oktober 1958 itu selama ini bekerja sebagai dosen di Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cendrawasih.

 

Prof. Yambise adalah perempuan Papua pertama yang meraih gelar Guru Besar. Gelar profesor bidang Silabus Desain dan materi pembangunan diberikan kepadanya 14 November 2012 lalu.

 

Bulan lalu, Prof. Yambise mendapatkan penghargaan Tuto Thansen and Fainting Alumni Awards 2014 dari New Castle University di Australia, sebagai salah seorang pemenang untuk kategori kepemimpinan nasional.

 

"Selama ini banyak tokoh-tokoh Papua yang bertarung dalam kabinet Jokowi-JK dengan mempromosikan diri, namun ibu Yembise yang tidak disangka banyak orang yang jadi dipilih Jokowi,” ujar Rufinus Tigau, salah satu mahasiswa Papua kepada suarapapua.com, sore tadi.

 

Menurut Rufinus, tidak pernah ada perempuan Papua yang duduk di kementeriaan, atau posisi strategis lain di tingkat pusat, namun telah terlihat Jokowi membuktikan kepedulian dan kepercayaan kepada orang Papua, khususnya perempuan.

 

Rufinus menambahkan, banyak orang yang berpandang bahwa perempuan Papua tidak bisa memimpin negara Indonesia, dengan kehadiran Prof Yembise dalam Kabine Jokowi-JK, dapat mematahkan mitos tersebut.

 

“Saya yakin kepercayaan yang diberikan kepadad Prof Yambise dapat dikerjakan dengan baik. Saya tidak ragu dengan perempuan Papua yang duduk di kementerian ini,” katanya.

 

"Semoga amanat yang diberikan dapat membawa harkat dan martabat perempuan Indonesia dan lebih khususnya perempuan Papua," harapnya.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

MARSELINO TEKEGE

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemerintah Vanuatu dan Tiongkok Menandatangani 13 Nota Kesepahaman di Beijing

0
Peningkatan kemampuan VBTC diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dan jangkauan penyiaran di Vanuatu, memberikan layanan informasi dan hiburan yang lebih baik kepada masyarakat.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.