Tanah PapuaMeepagoKeuskupan Timika Segera Bertambah Delapan Imam Baru

Keuskupan Timika Segera Bertambah Delapan Imam Baru

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Kabar gembira bagi umat Katolik di Keuskupan Timika. Dalam pekan ini, delapan Diakon akan segera menerima Sakramen Imamat.

Informasi yang diperoleh dari Sekretariat Keuskupan Timika, selain penahbisan delapan imam baru, dua Frater juga akan ditahbiskan menjadi Diakon.

Delapan calon imam baru itu yakni Diakon Yeheskiel Belau, Diakon Fransiskus Sondegau, Diakon Yosep Bunai, Diakon Silvester Bobii, Diakon Silvester Dogomo, Diakon Paulus Leopati Yerwuan, Diakon Febronius Angelo, dan Diakon Vincentius Budi Nahiba.

Adapun dua calon Diakon, yakni Frater Emanuel Richardus Buang Lela, dan Frater Ricky Carol Yeuyanan.

Baca Juga:  Kepala Dinas Pendidikan Dogiyai Tekankan Kerja Kolaborasi Demi Menyiapkan SDM Papua

Perayaan tahbisan Imamat dan Diakonat itu sendiri akan dilaksanakan di dua tempat dengan waktu yang berbeda.

Diakon Yeheskiel Belau, Diakon Fransiskus Sondegau, dan Diakon Yosep Bunai, akan menerima tahbisan imamat dari Paroki St. Michael Bilogai, Dekenat Moni-Puncak Jaya, Selasa, 12 Oktober 2021.

Sedangkan, tahbisan imamat bagi Diakon Silvester Bobii, Diakon Silvester Dogomo, Diakon Paulus Leopati Yerwuan, Diakon Vincentius Budi Nahiba, dan Diakon Febronius Angelo, akan dilaksanakan di Paroki St. Petrus Mauwa, Dekenat Kamuu-Mapiha (Kamapi), Kamis, 14 Oktober 2021. Bersamaan juga akan ditahbiskan dua Frater.

Baca Juga:  Lima Komisioner KPU Deiyai Terpilih Dilantik, Pemilu Siap Diselenggarakan

Prosesi tahbisan di Bilogai maupun di Mauwa akan dipimpin oleh Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC didampingi Pastor Marthen Ekowaibi Kuayo, Administrator Diosesan Keuskupan Timika.

Puluhan imam direncanakan hadir dalam perayaan ekaristi kudus penabisan imam baru.

Kegiatan bersejarah itu akan dihadiri umat Katolik dari lima paroki di Dekenat Moni-Puncak Jaya, serta umat dari gereja lain.

Sebelum menerima rahmat tahbisan Imamat dan Diakonat, delapan Diakon dan dua Frater menjalani masa pembinaan iman. Kegiatan pembinaan tersebut dalam bentuk ret-ret selama sepekan (20-26 September 2021).

Baca Juga:  Yayasan PNG Memfasilitasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Dogiyai

Delapan Diakon mengikuti ret-ret di Wanggar, Nabire, dibawah bimbingan Romo Cipta Suwarno, SJ. Sedangkan, di Pastoran St. Petrus, SP 3 Timika, dua Frater fokus dengan pembinaan iman yang diberikan oleh Pastor Policarpus Gunawan Setiadi, SCJ.

Setelahnya, hari Sabtu (9/10/2021), para calon Imam dan calon Diakon ke tempat pelaksanaan tahbisan. Tiga Diakon tiba di Paroki Bilogai setelah dijemput ribuan masyarakat di bandar udara Sokopaki. Pun dengan lima Diakon bersama dua Frater menuju Paroki Mauwa, Lembah Kamuu, kabupaten Dogiyai.

Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.