Tanah PapuaMeepagoKeuskupan Timika Segera Bertambah Delapan Imam Baru

Keuskupan Timika Segera Bertambah Delapan Imam Baru

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Kabar gembira bagi umat Katolik di Keuskupan Timika. Dalam pekan ini, delapan Diakon akan segera menerima Sakramen Imamat.

Informasi yang diperoleh dari Sekretariat Keuskupan Timika, selain penahbisan delapan imam baru, dua Frater juga akan ditahbiskan menjadi Diakon.

Delapan calon imam baru itu yakni Diakon Yeheskiel Belau, Diakon Fransiskus Sondegau, Diakon Yosep Bunai, Diakon Silvester Bobii, Diakon Silvester Dogomo, Diakon Paulus Leopati Yerwuan, Diakon Febronius Angelo, dan Diakon Vincentius Budi Nahiba.

Adapun dua calon Diakon, yakni Frater Emanuel Richardus Buang Lela, dan Frater Ricky Carol Yeuyanan.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Perayaan tahbisan Imamat dan Diakonat itu sendiri akan dilaksanakan di dua tempat dengan waktu yang berbeda.

Diakon Yeheskiel Belau, Diakon Fransiskus Sondegau, dan Diakon Yosep Bunai, akan menerima tahbisan imamat dari Paroki St. Michael Bilogai, Dekenat Moni-Puncak Jaya, Selasa, 12 Oktober 2021.

Sedangkan, tahbisan imamat bagi Diakon Silvester Bobii, Diakon Silvester Dogomo, Diakon Paulus Leopati Yerwuan, Diakon Vincentius Budi Nahiba, dan Diakon Febronius Angelo, akan dilaksanakan di Paroki St. Petrus Mauwa, Dekenat Kamuu-Mapiha (Kamapi), Kamis, 14 Oktober 2021. Bersamaan juga akan ditahbiskan dua Frater.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

Prosesi tahbisan di Bilogai maupun di Mauwa akan dipimpin oleh Uskup Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC didampingi Pastor Marthen Ekowaibi Kuayo, Administrator Diosesan Keuskupan Timika.

Puluhan imam direncanakan hadir dalam perayaan ekaristi kudus penabisan imam baru.

Kegiatan bersejarah itu akan dihadiri umat Katolik dari lima paroki di Dekenat Moni-Puncak Jaya, serta umat dari gereja lain.

Sebelum menerima rahmat tahbisan Imamat dan Diakonat, delapan Diakon dan dua Frater menjalani masa pembinaan iman. Kegiatan pembinaan tersebut dalam bentuk ret-ret selama sepekan (20-26 September 2021).

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Delapan Diakon mengikuti ret-ret di Wanggar, Nabire, dibawah bimbingan Romo Cipta Suwarno, SJ. Sedangkan, di Pastoran St. Petrus, SP 3 Timika, dua Frater fokus dengan pembinaan iman yang diberikan oleh Pastor Policarpus Gunawan Setiadi, SCJ.

Setelahnya, hari Sabtu (9/10/2021), para calon Imam dan calon Diakon ke tempat pelaksanaan tahbisan. Tiga Diakon tiba di Paroki Bilogai setelah dijemput ribuan masyarakat di bandar udara Sokopaki. Pun dengan lima Diakon bersama dua Frater menuju Paroki Mauwa, Lembah Kamuu, kabupaten Dogiyai.

Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Mahasiswa Papua di Sulut Akan Gelar Aksi Damai Peringati Hari Aneksasi

0
“Jadi hasil akhir dari diskusi bahwa tanggal 1 Mey 2024 akan dilakukan aksi damai (aksi kampanye), sementara yang menjadi penanggung jawab dari aksi 1 Mei 2024 ini adalah organisasi KNPB Konsulat Indonesia yang dibawahi oleh saudara Agusten dan Kris sebagai coordinator lapangan,” jelas Meage.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.