PartnersPetisi Rakyat PapuaPRP Laapago Siap Kembali Aksi Damai Tolak DOB dan Otsus

PRP Laapago Siap Kembali Aksi Damai Tolak DOB dan Otsus

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com – Petisi Rakyat Papua (PRP) yang tergabung dari 122 Organisasi akan mengelar aksi demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II pada Tanggal 3 Juni 2022 mendatang di kota Wamena, Papua.

Namene Elopere selaku sekretaris umum PRP Wilayah Lapago mengatakan, aksi damai pada tanggal 3 Juni 2022 di pusatkan di Kabupaten Jayawijaya dan ia juga memastikan bahwa aksi tersebut berjalan damai dan aman.

“PRP menyeruhkan kepada rakyat Lapago bahwa demo damai penolakan DOB dan Otsus jilid 2 ini tergabung dari 122 organisasi gerakan akar rumput, pemuda, mahasiswa, dan rakyat Papua yang tergabung dalam Petisi Rakyat Papua,” katanya.

PRP juga menghimbau rakyat se-Laapago untuk silakan bargabung dalam aksi damai PRP tanggal 3 Juni 2022.

 “PRP dengan tegas meminta kepada massa untuk tidak diizinkan membawa alat tajam, mabuk (beralkohol), dan tidak membawa bendera Bintang Kejora,” tegas Namena.

Aksi demo damai tolak DOB dan Otsus jilid 2 di Laapago nantinya akan dihadiri pimpinan dan anggota DPRD dari 8 kabupaten se-wilayah Laapago.

“Diantaranya Kabupaten Yalimo, Mamberamo Tengah, Tollikara, Lanny Jaya, Nduga, Yahukimo, Pegunungan Bintang, dan Jayawijaya sebagai tuan rumah,” ujarnya.

PRP juga menghimbau kepada rakyat Laapago untuk hadir tanpa paksaan dengan kesadaran masing-masing sebagai anak pemilik sekaligus pewaris tanah yang di berkati Allah

“Rakyat Laapago yang akan hadir ini bukan dipaksa karena ada makanan, uang, ataupun difasilitasi kendaraan. Tetapi hadir sebagai orang yang tertindas oleh kepentingan Jakarta dan beberapa oknum elit politik tertentu yang mendorong kepentingan mengatasnamakan rakyat yang tidak tahu apa-apa di bumi Cenderawasih ini, khususnya di pegunungan tengah Laapago,” pesannya.

Jefry Wenda, Juru bicara (Jubir) nasional PRP juga mengatakan, PRP menghimbau bahwa aksi nasional dilaksanakan pada Jumat 3 Juni 2022, yang akan bergerak oleh seluruh rakyat Papua.

“Dengan tuntutan segera cabut otsus dan tolak pemekaran di seluruh tanah Papua,” katanya.

Lebih lanjut, Jefry mengatakan, PRP juga menyeruhkan kepada seluruh rakyat Papua yang ada di West Papua dan Indonesia untuk segera melibatkan diri dalam aksi nasional ini.

“Kami mengimbau kepada 122 organisasi gerakan akar rumput, pemuda, mahasiswa, dan rakyat Papua yang tergabung dalam Petisi Rakyat Papua, serta 718.179 suara rakyat Papua yang telah menandatangani petisi yang tersebar di seluruh Papua dan Indonesia untuk segera mobilisasi umum menuju aksi nasional pada 3 juni 2022,” pungkasnya.

 

Pewarta : Agus Pabika
Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Bappilu Partai Demokrat Provinsi PP Resmi Gelar Pleno Penutupan Pendaftaran Cagub...

0
"Perlu kami sampaikan juga bahwa Bappilu tidak punya hak untuk intervensi dalam seleksi bakal calon. Kami hanya membuka pendaftaran dan menerima pendaftaran, selanjutnya akan ditetapkan adalah pengurus pusat."

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.