Tanah PapuaDomberaiJelang Sidang MK, KMSPPM Layangkan Surat Terbuka ke PN Sorong

Jelang Sidang MK, KMSPPM Layangkan Surat Terbuka ke PN Sorong

SORONG, SUARAPAPUA.com —- Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Pengungsi Maybrat (KMSPPM) layangkan surat terbuka kepada Pengadilan Negeri (PN) Sorong terkait sidang Melkias Ky (MK) tersangka penyerangan Pos Koramil Kisor, kabupaten Maybrat pada 2 September 2021, yang akan digelar bakal 20 Septembar 2022.

Surat terbuka KMSPPM yang dilayangkan ke PN Sorong itu dengan nomor 01/KMSPPM/2022.

KMSPPM merupakan gabungan organisasi gereja maupun lembaga juga kelompok pemerhati HAM di Tanah Papua yang saat ini konsen mengadvokasi masyarakat sipil di kabupaten Maybrat dan mendorong perdamaian sejak konflik 2 September 2021. Koalisi ini hingga kini masih terus mendampingi masyarakat sipil korban konflik dan mendorong penyelesaian konflik secara damai.

Baca Juga:  Perda MHA Diabaikan, Pemkab Sorong Dinilai Mengkhianati Suku Moi

Dalam surat terbuka KMSPPM menyampaikan sekaligus meminta PN Sorong dan para hakim agar dalam mengadili kasus MK wajib mengedepankan prinsip-prinsip peradilan yang adil, transparan, cepat, mudah, dan biaya ringan.

Selain itu, KMSPMM juga meminta pengadilan menghadiri tersangka MK dalam ruang sidang nantinya.

Surat terbuka yang didukung 12 organisasi sipil peduli HAM di Tanah Papua itu juga meminta PN Sorong mematuhi proses penahanan sesuai proses hukum yang berlaku. Maka, KSMPPM mendesak agar segera memindahkan tersangka MK dari tahanan Kepolisan Resort Sorong Selatan ke Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Sorong.

Baca Juga:  Pemkab Sorong Serahkah SK Pengakuan MHA Tujuh Sub Marga

Pemindahan tersangka ke Lapas kelas IIB Sorong akan membantu mempermudah proses persidangan dan juga pemenuhan hak-hak terdakwa dalam koordinasi dengan pihak keluarga maupun tim kuasa hukum.

Tersangka Melkias Ky masuk dalam DPO Satreskrim Polres Sorong Selatan nomor DPO/10/IX/2021/Reskrim, tanggal 9 September 2021 dalam kasus penyerangan Pos Ramil Kisor yang tertangkap Minggu 31 Januari 2022 malam. (*)

Baca Juga:  Warinussy Minta Kapolres Jayapura Diperiksa Karena ‘Membiarkan’ Warga Sipil Bertindak Arogan di Mapolres

Terkini

Populer Minggu Ini:

Inilah Hasil Kunker MRP Papua Pegunungan Saat Pencoblosan di Jayawijaya

0
“Semua tahapannya sudah sesuai jadwal, tapi permasalahan mulai terjadi pada tahapan perekrutan KPPS melalui PPS. Contohnya di distrik Wamena Kota, beberapa kali terjadi perubahan nama-nama anggota KPPS yang berakibat pada distribusi logistik tidak merata, sebagian besar logistik belum dibagikan sampai hari pencoblosan. Warga seharusnya sudah coblos, tapi kotak suara belum sampai di TPS,” kata Titiana Mabel, anggota MRP Papua Pegunungan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.