PartnersKalsakau Pimpin Badan Legislatif ke-13 dan Mengumumkan Kabinetnya

Kalsakau Pimpin Badan Legislatif ke-13 dan Mengumumkan Kabinetnya

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Union of Moderate Parties (UMP), Ismael Kalsakau, adalah Perdana Menteri (PM) baru Republik Vanuatu.

Dia terpilih tanpa perlawanan di Parlemen kemarin sore. Kalsakau dicalonkan oleh Wakil Presiden Reunifikasi Gerakan untuk Perubahan (RMC) dan Anggota Parlemen (MP) untuk Efate Rural, Jack Norris Kalmet dan diperbantukan oleh Presiden Partai Persatuan Nasional (NUP), Bruno Leingkone.

Para pengamat politik di luar ruang Parlemen sebagaimana dilansir dari Daily Post Vanuatu mengatakan bahwa pencalonan anggota parlemen RMC, Sumptoh yang telah membelot dari kubu Aquana untuk bergabung dengan kubu Iririki merupakan ujian bagi Loughman.

Baca Juga:  Polisi Bougainville Berharap Kekerasan di Selatan Mereda

Mereka mengatakan tindakannya juga mengikuti dugaan selama beberapa hari terakhir bahwa beberapa anggota parlemen dari Aquana akan menyeberang ke partai lain di ruang Parlemen selama sesi pertama parlemen.

Kemarin pagi di Parlemen, sudah jelas bahwa kubu Aquana akan memilih Kalsakau sebagai PM baru. Dari pengelompokan Iririki, nama Loughman dan mantan Menteri Infrastruktur dan Utilitas Publik, Jay Ngwele, diedarkan di koridor Parlemen sebagai kandidat potensial untuk portofolio Perdana menteri.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Setelah pemilihan mereka, PM Kalsakau melanjutkan untuk menunjuk para menterinya. Jajaran portofolio menterinya terlihat mantan PM dan Presiden Partai Progresif Rakyat (PPP), MP Sato Kilman, ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri (DPM), Menteri Pertanahan, MP GJP John Salong sebagai Menteri Keuangan, Presiden GJP MP Ralph Regenvanu sebagai Menteri Perubahan Iklim, Presiden LPV MP Jotham Napat sebagai Menteri Luar Negeri, MP Partai Pembangunan Nasional Vanuatu (VNDP) Christophe Emelee sebagai Menteri Dalam Negeri, UMP MP Nakou Natuman sebagai Menteri Pertanian.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

RMC MP Rick Tchmako Mahe sebagai Menteri Kesehatan, Presiden NUP MP Bruno Leingkone sebagai Menteri Pendidikan, NUP MP John Still Tari Qetu sebagai Menteri Kehakiman, RMC MP Marcellino Telukluk sebagai Menteri Infrastruktur, LPV MP Matai Seremaiah sebagai Menteri Pariwisata dan Perdagangan, dan RMC MP Tomker Netvunei sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Menteri Luar Negeri NZ Bertemu PM Baru Kepulauan Solomon Bahas Program...

0
“Pertemuan ini merupakan kesempatan yang disambut baik untuk membahas prioritas pemerintah baru Kepulauan Solomon untuk 100 hari pertama masa jabatannya, dan kemitraan pembangunan Selandia Baru dengan Kepulauan Solomon yang mencakup bidang-bidang prioritas termasuk infrastruktur penting, pendidikan, tata kelola pemerintahan, dan reformasi ekonomi,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.