Rilis PersBenny Wenda Sampaikan Selamat Kepada Ismael Kalsakau, PM Terpilih Vanuatu

Benny Wenda Sampaikan Selamat Kepada Ismael Kalsakau, PM Terpilih Vanuatu

JAYAPURA, SUARAPPUA.com— Benny Wenda, Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMPW) menyampaikan selamat kepada Perdana Menteri Vanuatu yang ke-13, PM Ismale Kalsakau.

Ucapan selamat itu disampaikan Benny melalui surat resmi langsung dari ULMWP dikirimkan ke PM Vanuatu pada 4 November 2022.

“Atas nama rakyat Papua Barat dan Pemerintah Sementara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), saya mengucapkan selamat yang tulus atas terpilihnya Anda sebagai Perdana Menteri Vanuatu,” ucap Benny dalam surat ucapan selamat itu kepada PM Kalsakau.

Benny mengatakan, waktu ini adalah masa yang sulit bagi Vanuatu dan Pasifik yang lebih luas. Di mana wilayah ini terus berada di garis depan pertempuran melawan perubahan iklim, yang membawa serta naiknya permukaan air laut dan kekacauan peristiwa cuaca ekstrem.

Baca Juga:  HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

“Vanuatu memiliki peran besar dalam perjuangan ini, dan saya yakin Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk memandu Vanuatu melalui masa-masa yang menantang ini.”

Sejak kemerdekaannya pada tahun 1980, orang Papua Barat telah menyaksikan dengan bangga bahwa Vanuatu telah menjadi pemimpin dalam perjuangan global melawan perubahan iklim dan perlawanan penting dari kolonialisme modern.

Baca Juga:  ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

Hal ini kata Benny terus berlanjut hingga hari ini, dengan peran Vanuatu dalam kampanye merintis ICJAO dan opini penasehat Kepulauan Chagos.

Ia katakana, keberhasilan negara Anda (Kalsakau) adalah contoh cemerlang dari apa yang dapat dicapai oleh bangsa Melanesia di panggung dunia.

“Sementara rakyat saya terus menderita di bawah pendudukan Indonesia. Kami mengambil inspirasi dan keberanian dari keberhasilan Vanuatu dan dukungannya yang tegas untuk penentuan nasib sendiri bagi Papua Barat.”

“Vanuatu telah berdiri bersama Papua Barat sejak awal perjuangan kami untuk kemerdekaan. Sejak pembentukan ULMWP di Port Vila pada tahun 2014, sebuah tonggak pemersatu bersejarah dalam perjuangan rakyat kami, ikatan kami hanya diperkuat,” tutur Benny.

Baca Juga:  F-MRPAM Kutuk Tindakan Kekerasan Aparat Terhadap Massa Aksi di Jayapura 

Kepada Perdana Menteri Vanuatu, Benny yakin bahwa kepemimpinan Anda (Kalsakau) akan membawa kemajuan, kemakmuran, dan perdamaian ke Vanuatu dan wilayah Pasifik yang lebih luas.

“Saya dan Eksekutif ULMWP berharap dapat bekerja sama dengan Anda dan pemerintah Anda dalam hal perubahan iklim dan perjuangan anti-kolonial kami.”

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

0
“Amar Putusan: Kabul. Terbukti Pasal 3 jo Pasal 18 UU PTPK jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHP. Pidana penjara 2 tahun dan denda Rp200 juta subsidair 2 tahun kurungan,” begitu ditulis di laman resmi Mahkamah Agung.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.