48 Mahasiswa Baru Unaim Yapis Ikut LKMM-TD

0
375

WAMENA,SUARAPAPUA.com— Universitas Amal Ilmiah (Unaim) Yapis Wamena melalui panitia penerima mahasiswa baru yang dibentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menggelar latihan Keterampilan Manajemen Tingkat Dasar (LKMM -TD) tahun akademik 2023 – 2024.

Kegiatan LKMM – TD itu dilaksanakan pada, Rabu (5/7/2023) di Auditorium Unaim Yapis Wamena. Dalam pembukaan kegiatan LKMM-TD itu juga dihadiri semua pihak yang berkaitan termasuk Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

“Sebanyak 48 mahasiswa Universitas Amal Ilmiah (Unaim) Yapis Wamena yang hari ini mengikuti seminar Pelatihan LKMM -TD tahun akademik 2023/2024,” jelas Ketua BEM Unaim, Wahyu Adi Pratama.

Kegiatan LKMM -TD ini, kata Adi, adalah salah satu pendidikan yang bertujuan untuk mengkaderisasi teman-teman atau adik- adik yang baru masuk untuk dibina karakter dan mental, termasuk spiritual seorang mahasiswa yang kemudian ke depan menjadi pemimpin yang berkualitas.

“Selain itu LKMM-TD ini juga merupakan program Kementerian. Jadi ada tingkatan LKMM. Nah, yang sekarang ini adalah kita laksanakan tingkat ke satu. Ada juga tingkat lanjut dan tingkat di atasnya lagi,” ujarnya.

Ketua Panitia Diana Wuka mengatakan LKMM -TD tingkat dasar ini diikuti 48 mahasiswa dari empat fakultas. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan, yakni tanggal 5 hingga 8 Juli 2023.

“Materi yang akan diberikan ke peserta antara lain, materi tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, manajemen waktu, kewirausahaan, menajemen bisnis serta beberapa materi lainnya, tetapi pada umumnya tentang kepemimpinan,” jelas Diana.

Sementara,pemateri rata-rata dari dosen-dosen di kampus, pihak Kodim 1702/Jayawijaya, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan.

Bupati Kabupaten Jayawijaya yang diwakili asisten II Lekius Yikwa dalam sambutannya mengapresiasi Rektor Unaim beserta staf dan panitia penyelenggara LKMM – TD tingkat satu.

Katannya LKMM -TD merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi, terutama kepada mahasiswa yang terlibat langsung dan aktif di dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan, baik di tingkat program studi, fakultas maupun universitas, dengan perencanaan dan sistematika yang baik dalam mengelola berbagai organisasi kemahasiswaan.

“Kesempatan ini kami ingin menyampaikan tiga hal mendasar seseorang untuk berkompeten yaitu pertama; pengetahuan, keterampilan dan memiliki jiwa sosial yang baik. Kedua, sesuatu yang besar itu di susun dari hal yang kecil seperti kegiatan LKMM -TD ini,” katanya

Ketiga, diharapkan agar setelah mengikuti kegiatan LKMM -TD ini, peserta dapat terlibat dalam organisasi kemahasiswaan untuk mengelola organisasi dengan baik.

Baca Juga:  Peringati Hari Pers Nasional, Pegiat Literasi dan Jurnalis PBD Gelar Deklarasi Pemilu Damai

“Serta bisa bekerja sama dan berkomunikasi baik dan sinergi bersama dalam mewujudkan visi-misi Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena,” ujarnya.

“Kami juga berpesan kepada suluru mahasiswa dan pengurus organisasi kemahasiswaan agar senantiasa dapat bersinergi bersama pemerintah,” pungkasnya.

ads
Artikel sebelumnyaJakarta Akan Mendukung 2000 Mahasiswa PNG Untuk Kuliah di Indonesia
Artikel berikutnyaPenasihat Khusus Sekjen PBB Prihatin Dengan Situasi HAM di Tanah Papua