ArsipSekjen ULMWP: Pendekatan Indonesia di MSG Menggunakan Uang Darah

Sekjen ULMWP: Pendekatan Indonesia di MSG Menggunakan Uang Darah

Jumat 2015-03-06 10:22:15

VANUATU, SUARAPAPUA.com — Sekretaris Jenderal (Sekjen) United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Octovianus Mote dengan tegas mengomentari kunjungan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, ke Papua New Guinea, Solomon Islands dan Fiji.

Seperti dikutip dari radionz.co.nz, kedatangan Marsudi di Negara-negara MSG telah mempertimbangkan tawaran keanggotaan oleh ULMWP.

 

Dalam pembicaraan tersebut, Marsudi saat mengunjungi Fiji telah memberikan $ 20.000.000 (dua puluh juta dollar Amerika) dari Indonesia untuk program peningkatan kapasitas MSG.

 

Mote mengatakan dengan tegas bahwa Jakarta bisa melakukan hubungan dengan Melanesia tetapi tidak memiliki hak untuk menawarkan Papua Barat di MSG.

 

“Oleh karena itu, satu-satunya cara yang Indonesia lakukan adalah dengan memberikan uang. Tapi dari mana uang ini berasal? Uang ini adalah uang darah. Uang yang berasal dari Papua Barat. Indonesia tidak memiliki sumber daya alam, kecuali dari PT Freeport yang manghasilkan tambang terbesar di Papua, dan dari British Petroleum yang menghasilkan proyek gas terbesar di Papua, disamping itu juga dari berbagai sumber daya alam lainnya di Papua Barat,” ungkap Mote.

 

MIKAEL KUDIAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPK Menang Kasasi MA, Bupati Mimika Divonis 2 Tahun Penjara

0
“Amar Putusan: Kabul. Terbukti Pasal 3 jo Pasal 18 UU PTPK jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) ke-1 KUHP. Pidana penjara 2 tahun dan denda Rp200 juta subsidair 2 tahun kurungan,” begitu ditulis di laman resmi Mahkamah Agung.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.