ADVERTORIALIntan Jaya BangkitDukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

Dukcapil Intan Jaya akan Lanjutkan Perekaman Data Penduduk di Tiga Distrik

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Alpius Nambagani, S.IP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Intan Jaya mengungkapkan, pihaknya akan melanjutkan perekaman data penduduk di tiga distrik, diantaranya adalah distrik Ugimba, distrik Tomosiga dan distrik Homeyo.

Nambagani menerangkan, sebelum turun ke distrik yang jadi target untuk perekaman data penduduk, pihaknya memanggil ketiga kepala distrik dan sejumlah tokoh dan kepala desa dan melakukan pertemuan.

“Pertemuan ini kami hadirkan tiga kepala distrik, intelektual dan kepala desa. Tujuannya kami ingin menyampaikan informasi bahwa kami akan turun lagi untuk perekaman data penduduk. Dan mendengar masukan dan saran, termasuk membahas hal-hal yang penting untuk diperhatikan agar bisa diantisipasi. Sehingga proses perekaman data penduduk di tiga distrik dapat berjalan dengan baik,” jelasnya kepada media ini usai melakukan pertemuan bersama staf, tiga kepala distrik serta tokoh-tokoh dari tiga distrik pada Kamis (18/4/2024) di Nabire, Papua Tengah.

Lanjut Nambagani, perekaman data penduduk akan dimulai dari distrik Tomosiga. Setelah perekaman di Tomosiga selama kurang lebih empat hari, lalu akan lanjutkan ke distrik Ugimba dan Homeyo.

Baca Juga:  KNPI Intan Jaya Apresiasi Kinerja Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya

“Untuk distrik Tomosiga, perekaman akan dipusatkan di Kampung Bigasiga. Sedangkan untuk Ugimba akan dilakukan di Ugimba jika memungkinkan. Lalu distrik Homeyo perekaman data penduduk akan dilakukan di Kampung Jombandoga dan Kampung Maya,” kata Nambagani.

Pertemuan antara Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Intan Jaya bersama staf dengan tiga kepala distrik serta tokoh-tokoh dari tiga distrik di Intan Jaya. (Admin/AB)

Dikatakan, tim dari Dinas Dukcapil akan menyesuaikan waktu penerbangan dari maskapai. Dalam hal ini, akan menggunakan helikopter.

“Kalau sesuai dengan jadwal, tim kami akan turun ke distrik mulai tanggal 23. Tetapi kalau jadwal dari maskapai berubah, maka akan dimulai pada tanggal 26 dan 27 bulan ini (April). Tetapi semuanya tergantung pada jadwal pasti dari maskapai. Kami mohon agar semua pihak dapat membantu kami supaya perekaman dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Nambagani menambahkan, upaya perekaman data penduduk sangat penting untuk masyarakat. Karena semua hal yang berkaitan dengan bantuan sembako, bantuan BLT maupun DPT untuk kepentingan Pemilukada dan Pemilu patokannya adalah jumlah data masyarakat dari dinas kependudukan.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Intan Jaya Teken MoU dengan Kampus IPB Bogor

Sebagai informasi, lanjut dia, helikopter yang akan digunakan untuk antar jemput tim dari dinas ke ketiga distrik adalah helikopter milik Smart Air warna Hitam, Hijau dan Putih.

“Kami akan pake helikopter dari Smart warna hitam, hijau dan putih,” ungkapnya.

Helikopter yang akan digunakan oleh dinas Dukcapil Intan Jaya untuk mobilisasi tim ke tiga distrik yang jadi target perekaman data kependudukan.

Ketiga kepala distrik yang hadir pada pertemuan dengan dinas kependudukan dan catatan sipil Intan Jaya menyatakan akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan dinas untuk melakukan perekaman di distrik.

“Saya sebagai kepala distrik Ugimba akan mendukung upaya dari dinas capil untuk melakukan perekaman di Ugimba. Saya sebagai kepala distrik bersama kepala kampung akan melakukan upaya komunikasi dengan masyarakat di Ugimba. Dan menyampaikan bahwa dinas kependudukan akan turun untuk melakukan perekaman data penduduk di Ugimba,” kata Jebulon Kobogau, Kepala Distrik Ugimba.

Senada dengan itu disampaikan juga oleh kepala distrik Homeyo, Harun Holombau dan Kepala Distrik Tomosiga, Johan Tigau.

John Kobogau, Calon anggota DPR Provinsi Papua Tengah terpilih dari Kabupaten Intan Jaya yang hadir pada kesempatan itu menyatakan, dirinya mendukung penuh upaya yang akan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga:  Pimpinan Gereja Katolik Meminta Semua Pihak Dukung Pemkab Intan Jaya

“Saya memberikan apresiasi kepada kepala dinas Catatan Sipil Kabupaten Intan Jaya beserta jajarannya. Kami mengharapkan agar data kependudukan yang akan direkam dapat berjalan dengan baik. Juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat. Secara pribadi saya mendukung upaya ini,” katanya.

Dekinus Kogoya, calon anggota DPRD Kabupaten Intan Jaya terpilih dari Dapil II yang hadir dalam pertemuan ini juga mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Intan Jaya yang akan melakukan perekaman data penduduk di Ugimba. Selain memberikan apresiasi, ia mendukung proses perekaman data penduduk.

“Masyarakat di distrik Ugimba juga haus akan pelayanan pemerintah. Jadi upaya pelayanan perekaman data penduduk ini kami dukung dan berikan apresiasi. Kami akan koordinasi terus dengan semua pihak terkait keamanan agar semua proses perekaman dapat berjalan baik,” tambahnya.(Diskominfo Intan Jaya)

Terkini

Populer Minggu Ini:

PTFI Berbagi Praktik Baik Upaya Menjaga Keanekaragaman Hayati

0
“Kami juga bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada dalam melakukan penelitian New Guinea Singing Dog, yang merupakan salah satu anjing tertua di dunia, yang ditemukan di kawasan pertambangan Grasberg,” kata Gesang.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.