Lapangan Makam Theys Dipakai Polres Jayapura Gelar Bakti Sosial

Lapangan Mahkam Theys Hiyo Elluay, yang rencananya digunakan sebagai tempat ibadah (Foto: Oktovianus Pogau/SP)

Lapangan Mahkam Theys Hiyo Elluay, yang rencananya digunakan sebagai tempat ibadah (Foto: Oktovianus Pogau/SP)

PAPUAN, Jayapura — Lapangan Taman Mahkam Theys Hiyo Elluay, yang rencananya akan digunakan oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama  rakyat Papua Barat untuk memperingati hari 50 tahun aneksasi Papua ke dalam Negara Republik Indonesia akhirnya batal digunakan.

Penyebabnya, aparat Kepolisian Resort Jayapura, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jayapura, AKBP Roycke Harry Langie, S.Ik, telah lebih dulu memakai lapangan bersejarah ini untuk menggelar kegiatan bakti sosial menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Polri dan Yayasan Kemala Bhayangkara (YBK).

“Iya, lapangan digunakan untuk kegiatan bakti sosial dalam rangka sambut HUT YBK dan HUT Polri,” ujar Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta, saat dikonfirmasi wartawan suarapapua.com, siang tadi.

Arnold Belau, wartawan suarapapua.com, yang juga mendatangi Lapangan Taman Makam Theys di Sentani mengungkapnya, tampak beberapa anggota Polri berkumpul di lapangan, sambil melakukan pembagian sembako dan pengobatan terhadap warga sipil.

“Tidak banyak orang yang ada di Makam Theys. Hanya ada anggota Polri dan istri-istri para Polisi, serta diparkir satu mobil panser, 1 truck Polisi, 3 mobil tentara Angkatan Udara, dan 1 mobil puskesmas keliling,” ujar Belau, melalui sambungan telepon selulernya.

Menurut Belau, tidak tampak juga pergerakan massa KNPB maupun rakyat Papua untuk menggelar ibadah di Lapangan Makam Theys seperti yang direncanakan semula.

Sebelumnya, Ketua Umum KNPB, Victor Yeimo mengeluarkan himbauan dan seruan agar tanggal 1 Mei 2013 diperingati sebagai hari aneksasi Papua ke dalam Negara Indonesia, atau hari berkabung nasional rakyat Papua.

Yeimo mengatakan, KNPB bersama massa rakyat Papua Barat akan menggunakan lapangan Taman Mahkam Theys Hiyo Elluay, yang berada di Sentani, untuk menggelar ibadah dan orasi-orasi politik.

OKTOVIANUS POGAU

Shortlink:

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>