ArsipGubernur Berharap Yankes OAP Harus Ditingkatkan

Gubernur Berharap Yankes OAP Harus Ditingkatkan

Rabu 2015-11-24 07:05:58

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe meminta agar pelayanan kesehatan (Yankes) harus terus ditingkatkan untuk menekan angka kematian Orang Asli Papua (OAP).

Harapan ini diungkapkan Gubernur saat menyampaikan sambutannya pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Papua yang diadakan di Auditorium Universitas Cenderawasih, Abepura, Papua, Selasa (24/11/2015), sekaligus acara launching buku terbaru karya drg. Aloysius Giyai, M.Kes.

“Saya banyak mendapat laporan kalau banyak pasien khususnya orang asli Papua seringkali mengeluh karena kurangnya pelayanan prima untuk mereka,” ujarnya.

Menurut Enembe, bukan hanya di daerah pelosok dan pedalaman saja. Keluhan juga datang dari pasien yang berobat di perkotaan. Sejumlah pusat layanan kesehatan dikeluhkan karena pelayanan kurang bagus.

Karena itu, Gubernur sarankan kepada semua petugas Pustu, Puksesmas dan rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Provinsi Papua harus bekerja dengan hati, memberikan pelayanan prima, dan mengutamakan keselamatan orang Papua.

“Dengan begitu, agar tidak lagi kami mendengar berita kematian yang terjadi terus menerus,” tegasnya.

Lanjut Enembe, saat ini pemerintah daerah fokus untuk menekan lajunya angka kematian di Tanah Papua.

“Untuk para dokter, mantri, dan suster harus siap melayani orang Papua. Saya harap supaya kalian jangan merasa bosan dengan pasien yang selalu ke rumah sakit, apalagi jika mereka datang dalam keadaan kotor, tetap layani dengan hati,” tutur Gubernur.

Gubernur Lukas Enembe juga menyebutkan kondisi dewasa ini banyak orang mati karena uang. Uang sudah membunuh orang Papua sedikit demi sedikit.

“Sebelum kita tinggal nama, saya sangat mengharapkan kesadaran seluruh masyarakat Papua agar tidak menyalahgunakan uang. Termasuk dana yang diberikan pemerintah saat ini.”

“Setiap kampung mendapat bantuan bukan sedikit, namun pemerintah kampung juga banyak yang tidak memanfaatkan dana itu dengan baik,” ungkap Enembe.

Kegiatan yang diadakan selama empat hari (23-26/11/2015) dihadiri semua Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua. Pada launching buku berjudul “Melawan Badai Kepunahan, Gebrakan Papua Sehat Menuju Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera”, hadir pula para pemerhati kesehatan, tokoh masyarakat, mahasiswa, aktivis LSM dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Editor: Mary

HARUN RUMBARAR

Terkini

Populer Minggu Ini:

JDP: Pemindahan Makam Dortheys Eluay Harus Berpikir Bijak Dengan Kepala Dingin

0
“Saya kira JDP pasti akan ikut mendukung segenap upaya damai yang dilakukan oleh segenap pihak demi menjaga Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan seluruh Tanah Papua agar selalu damai dan tenteram dari hanya sekedar memindahkan makam Pemimpin Besar Rakyat Papua Theys Hiyo Eluay tersebut.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.